HOME, Bugar

Selain Menyegarkan, Inilah 5 Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Penyakit

Selain Menyegarkan, Inilah 5 Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Penyakit

MOMSMONEY.ID - Tomat dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Tomat dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai jenis minuman, termasuk jus tomat. 

Tak hanya menyegarkan, manfaat jus tomat juga dikenal baik untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai penyakit. 

Dengan mengonsumsi jus tomat, Anda bisa mendapatkan merasakan berbagai khasiat untuk kesehatan dan juga menyegarkan jika mengonsumsinya. 

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat jus tomat untuk meredakan berbagai penyakit dalam tubuh, antara lain: 

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat jus tomat untuk meredakan berbagai penyakit yang pertama bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan gizi beta-karoten dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata. 

Beta-karotene dapat ditemukan dalam jus tomat dan memiliki manfaat untuk melindungi mata dari berbagai kerusakan mata, termasuk pembentukan katarak hingga degenerasi makula.

2. Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat jus tomat untuk meredakan berbagai penyakit yang kedua adalah bisa mengurangi risiko kanker prostat. 

Mengonsumsi jus tomat dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Manfaat ini juga berasal dari kandungan likopen yang dapat melindungi sel dari kerusakan. 

3. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat jus tomat untuk meredakan berbagai penyakit yang ketiga adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Ini berkat kandungan likopen yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya cukup mengonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya.  

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Nangka untuk Kesehatan

4. Mencegah stroke

Manfaat jus tomat untuk meredakan berbagai penyakit yang keempat adalah mencegah stroke. Jus tomat mengandung likopen yang bisa mencegah pembekuan darah.

Manfaat likopen di dalam jus tomat tidak hanya dapat mencegah kolesterol tinggi dan kanker prostat, tetapi juga menurunkan risiko terkena stroke.

5. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat jus tomat untuk meredakan berbagai penyakit yang terakhir adalah mencegah penyakit diabetes. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi jus tomat dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah yang terkait dengan diabetes tipe 2. 

Beragam manfaat jus tomat di atas rasanya sayang untuk dilewatkan. Namun, hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan tubuh sehat. 

Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, dan mencukupi asupan cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News