ads

Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 05 Januari 2022 | 10:00 WIB
Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. Selain Menyegarkan, Inilah Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Penyakit


MOMSMONEY.ID - Tomat dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Tomat dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai jenis minuman, termasuk jus tomat. 

Tak hanya menyegarkan, manfaat jus tomat juga dikenal baik untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai penyakit. 

Dengan mengonsumsi jus tomat, Anda bisa mendapatkan berbagai khasiat untuk kesehatan. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Inilah Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Dirangkum dari Mayo Clinic inilah manfaat jus tomat yang bisa meredakan berbagai macam penyakit yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat jus tomat yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan mata. Beta-karotene, salah satu kandungan nutrisi pada tomat yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. 

Beta-karotene, likopen, dan lutein adalah antioksidan yang dapat melindungi mata dari berbagai kerusakan mata, termasuk pembentukan katarak hingga degenerasi makula.

2. Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat jus tomat yang kedua adalah mengurangi risiko kanker prostat. Manfaat ini juga berasal dari kandungan likopen yang dapat melindungi sel dari kerusakan. 

3. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat jus tomat yang ketiga adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin tanpa gula. 

Jus tomat diduga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Ini berkat kandungan likopen yang ada di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya cukup mengonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya dan dilakukan secara rutin.

Baca Juga: Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

4. Mencegah stroke

Manfaat jus tomat yang keempat adalah membantu mencegah stroke. 

Manfaat likopen di dalam jus tomat tidak hanya dapat mencegah kolesterol tinggi dan kanker prostat, tetapi juga menurunkan risiko terkena stroke.

Hal ini karena likopen dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, dan memperkuat daya tahan tubuh. 

5. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat jus tomat yang kelima adalah membantu mencegah penyakit diabetes. Jus tomat mengandung karbohidrat yang rendah, yaitu hanya sekitar 4 gram di dalam setiap 100 gram buah tomat.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi buah tomat dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah yang terkait dengan diabetes tipe 2. 

Inilah manfaat jus tomat yang bisa membantu meredakan berbagai penyakit di atas rasanya sayang untuk dilewatkan.

Namun, selain rutin mengonsumsi jus tomat, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, dan mencukupi asupan cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER