Bugar

Selain Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Selain Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Buah pir sejak dulu dianggap sebagai salah satu asupan makanan dengan gizi yang seimbang, sebab kandungan gizinya sangat melimpah dan beragam.  

Buah pir tidak hanya mengandung serat, tapi juga kaya vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, tembaga, dan magnesium, silansir dari Mayo Clinic.  

Selain kandungan tersebut, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat buah pir yang sayang untuk dilewatkan untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Inilah Sederet Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Salah satu vitamin paling serbaguna dalam tubuh manusia adalah vitamin A. Buah pir mengandung vitamin A dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. 

Melalui vitamin yang terdapat dalam buah pir, kamu dapat mengurangi efek penuaan pada kulit, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan dengan cara mengonsumsi buah pir secara teratur. 

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengonsumsi dua buah pir dapat memenuhi setengah kebutuhan serat harian Anda. Asupan serat yang cukup dapat melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah terjadinya sembelit.

Dengan BAB yang teratur, usus Anda juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Kaya antioksidan

Buah pir kaya antioksidan seperti vitamin C yang bisa memerangi berbagai penyakit. Buah pir juga memiliki komponen vitamin A, senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.  

Semua kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat ditemukan dalam buah pir yang dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah pir lainnya untuk kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubu. Kandungan vitamin C dalam buah pir bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tingginya kadar flavonoid, vitamin K dan tembaga, dalam buah ini,juga bermanfaat untuk melawan peradangan, sehingga tubuh Anda menjadi lebih fit dan tidak mudah terkena penyakit. 

Membantu menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah pir terakhir bsia menjaga kesehatan tulang. Buah pir mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk tulang, di antaranya vitamin K dan boron.

Vitamin K bersama mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan fosfor bekerja sama untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan. 

Sementara itu, boron berperan dalam menambah kepadatan mineral tulang, menjaga kadar vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan di sekitar tulang.

Berkat kandungan gizinya, tak heran bila pir disebut sebagai salah satu buah dengan kandungan gizi terbaik. Masukkan pir dalam menu harian Anda dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News