HOME, Keluarga

Selain Menghangatkan Makanan, Ini 5 Fungsi Microwave yang Perlu Diketahui

Selain Menghangatkan Makanan, Ini 5 Fungsi Microwave yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Microwave merupakan salah satu kitchen appliances atau peralatan dapur yang cukup umum ditemui di dapur.

Alat ini bekerja dengan cara menggunakan gelombang mikro untuk menghangatkan makanan, sehingga makanan bisa panas dalam waktu sangat singkat. Karena kepraktisannya tersebut, tak heran microwave banyak disukai.

Namun, sebenarnya microwave tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan makanan, lo. Ada beberapa fungsi lainnya yang sama-sama praktis dan dapat memudahkan kegiatan rumah tangga Anda.

Dilansir dari lifehack.org, berikut fungsi microwave selain menghangatkan makanan.

Baca Juga: Tips Memilih Rak Buku yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

Memudahkan memeras buah sitrus

Microwave dapat membantu melembutkan daging buah sitrus seperti jeruk dan lemon, sehingga sari atau air yang diperas akan lebih banyak. Caranya, panaskan jeruk atau lemon di dalam microwave selama 1 menit, kemudian keluarkan dengan hati-hati dan peras jeruk atau lemon seperti biasa.

Menurut The Kitchn, memeras 2 buah lemon yang di-microwave selama 20 detik dapat menghasilkan sekitar 3/4 cangkir sari lemon, sedangkan memeras lemon dengan jumlah sama tanpa di-microwave menghasilkan sekitar 2/3 cangkir sari lemon.

Mengembangkan adonan roti

Jika Anda suka membuat roti, pasti sudah paham bahwa adonan roti membutuhkan lingkungan yang hangat supaya cepat mengembang. Nah, Anda bisa mempercepat proses tersebut dengan menggunakan microwave.

Caranya, panaskan segelas air selama 2-3 menit di dalam microwave hingga mendidih. Lalu, masukkan adonan roti yang ditutup plastik atau kain ke dalam microwave bersamaan dengan segelas air tersebut. Air panas akan menciptakan uap yang menghangatkan adonan dan membuatnya mengembang dengan cepat.

Memudahkan mengupas bawang putih

Bagi orang yang tidak terbiasa, mengupas bawang putih memang tidak mudah. Anda dapat menggunakan microwave untuk membantu memudahkan mengupas bawang putih.

Caranya, letakkan bawang putih di atas tisu dapur, kemudian panaskan ke dalam microwave selama 15-20 detik. Panas dari microwave akan membantu memisahkan kulit bawang dengan dagingnya, sehingga Anda dapat mengupasnya dengan lebih mudah.

Baca Juga: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Tempat Tidur Kayu, Pertimbangkan Sebelum Membelinya

Merenyahkan makanan melempem

Jika di rumah ada keripik atau makanan renyah lainnya yang sudah melempem, jangan langsung dibuang. Microwave dapat membantu mengembalikan kerenyahan tersebut.

Caranya, letakkan makanan tersebut di atas lap dapur yang bersih, kemudian panaskan di dalam microwave selama 30 detik. Ulangi beberapa kali hingga makanan kembali renyah.

Memanaskan kompres

Saat tubuh mengalami demam atau nyeri, Anda dapat menggunakan kompres panas untuk membantu meringankan rasa sakitnya. Nah, Anda dapat memanaskan kompres dengan cepat dengan microwave.

Dilansir dari Healthline, ada 2 metode yang bisa Anda gunakan. Pertama, gunakan kain handuk yang sudah dibasahi dan diperas (tidak basah kuyup), kemudian masukkan ke dalam ziplock bag yang terbuka dan panaskan ke dalam microwave selama 2 menit.

Metode kedua, Anda bisa menggunakan kaus kaki bersih yang diisi beras dan diikat, kemudian panaskan selama 2 menit di dalam microwave. Keluarkan dengan hati-hati, kemudian tempelkan kompres di area yang terasa nyeri.

Selanjutnya: Inspirasi Desain Tangga Melayang atau Floating Stairs yang Minimalis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News