HOME, Keluarga

Selain Mencerahkan, Ini 4 Manfaat Lain Gluthatione untuk Kulit

Selain Mencerahkan, Ini 4 Manfaat Lain Gluthatione untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Glutathione merupakan tripeptida yang kecil, memiliki berat molekul yang rendah, serta bersifat larut dalam air. Terbentuk dari tiga asam yaitu glutamat, sistein, dan glisin, glutathione memiliki berbagai kegunaan di antaranya detoksifikasi, antioksidan, serta memelihara status tiol dan modulasi proliferasi sel.

Melansir Hello Sehat, glutathione memainkan peran penting untuk menjaga kadar antioksidan, memecah nutrisi, dan mengatur berbagai proses biologis tubuh.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, glutathione juga memiliki kegunaan untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda lho Moms. Dapat dijumpai dalam berbagai produk kecantikan yang mencerahkan kulit, inilah 4 manfaat lain glutathione untuk kulit sebagaimana dilansir dari Derma Essentia.

Baca Juga: Menurut Dermatologis, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Jika Mau Punya Kulit Cantik

1. Bertindak sebagai antioksidan

Glutathione termasuk antioksidan yang kuat untuk membantu menetralkan radikal bebas akibat paparan radiasi ultraviolet yang intens serta polutan lingkungan.

Apabila radikal bebas tidak ditindaklanjuti, itu akan menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sel-sel kulit sekaligus menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan kerutan, garis-garis halus, dan bintik hitam. Tak sampai di situ, radikal bebas juga akan mengganggu fungsi hidrasi dan skin barrier sehingga kulit akan menjadi kendur, tidak merata, kusam, dan kering.

2. Mengatasi hiperpigmentasi

Glutathione terkenal dengan sifat depigmentasinya. Bila digunakan secara tepat dalam bentuk topikal atau lainnya, glutathione akan meratakan warna kulit sekaligus membuatnya lebih bercahaya.

Studi menunjukkan bahwa glutathione mampu mengatasi permasalahan hiperpigmentasi pada kulit melalui tiga mekanisme, yaitu:

  • Menghambat aktivitas tirosinase (enzim integral dalam melanogenesis atau proses di mana melanin diproduksi)
  • Mengaktivasi jalur pheomelanin
  • Bertindak sebagai antioksidan yang potensial

3. Meredakan inflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan akar penyebab beberapa permasalahan kulit seperti hiperpigmentasi dan jerawat.

Berkat sifat anti-inflamasi yang ada di dalamnya, glutathione akan membantu mengurangi tingkat mediator pro-inflamasi. Pada gilirannya, jerawat, pigmentasi hiper pasca-inflamasi, dan melasma pun akan berkurang.

4. Menangkal tanda-tanda penuaan

Memiliki sifat anti-aging, studi penelitian mengungkapkan bahwa glutathione telah menunjukkan efek yang signifikan dalam hal mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit di semua area yang terpapar sinar matahari.

Moms, itulah 4 manfaat glutathione untuk kulit selain mencerahkan. Tidak hanya dapat diperoleh dengan penggunaan skincare, manfaat glutathione juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan termasuk asam lemak omega-3, buah dan sayuran tinggi polifenol, sumber protein tanpa lemak, herbal, dan teh hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News