HOME, Keluarga

Selain Lincah, 7 Ras Anjing Ini Ternyata Cerdas Juga, Loh!

Selain Lincah, 7 Ras Anjing Ini Ternyata Cerdas Juga, Loh!

MOMSMONEY.ID - Anjing merupakan hewan peliharaan yang menyenangkan diajak bermain. Selain itu, ada banyak ras anjing yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi, sehingga mereka bisa dilatih.

Ini tentu menguntungkan Anda yang ingin menjadikannya bukan sekedar hewan peliharaan, tetapi juga hewan penjaga yang setia. Sama seperti sifat, kecerdasan pada anjing ini tentu bervariasi dari satu anjing ke anjing lainnya. Ini juga bergantung dengan pohon keluarga dan faktor lainnya.

Dilansir dari Daily Paws, Dennis Riordan, DVM, dari Rumah Sakit Hewan Peliharaan Riordan di Des Moiner, mengatakan, secara umum, ‘kecerdasan’ ini diukur berdasarkan berapa banyak pengulangan perintah untuk mengetahui apa yang Anda inginkan, dan seberapa sering mereka mengikuti perintah yang dipelajari saat Anda mengatakannya.

Baca Juga: 5 Hal yang Umum Ditakuti Oleh Hewan Anjing

Jadi, ketika Anda mengajari mereka trik atau pelatihan lainnya, beberapa ras anjing ini telah terbukti secara konsisten melakukan hal-hal itu dengan cepat daripada ras yang lain. Nah, berikut 7 ras anjing yang cerdas.

Golden Retriever

Golden retriever cukup populer sebagai anjing peliharaan keluarga. Selain cerdas, mereka juga sangat ramah , simpatik terhadap orang lain, lincah, dan suka bersenang-senang. Mereka bisa menerima pelatihan dan trik-trik lainnya. Mereka juga dapat belajar menyesuaikan diri dengan berbagai jenis rumah tangga.

Border Collie

Border Collie adalah anjing penggembala yang brilian. Dia telah menjadi menjaga kawanan domba tetap aman di seluruh Skotlandia dan Wales selama berabad-abad. Mereka mempelajari isyarat dengan cepat, memahami rutinitas, dan dapat dilatih untuk menangani tugas sehari-hari tanpa banyak pengawasan. Mereka juga cekatan dan lincah.

Doberman Pinscher

Doberman pinscher adalah salah satu anjing pelindung yang banyak diminati di dunia. Fisiknya hampir tiada bandingannya dan mereka selalu tampak atletis. Meski mereka gesit, kuat, dan cepat, mereka juga memiliki kecerdasan yang memungkinkannya untuk mempelajari berbagai perintah dan tugas dengan cepat.

Rottweiler

Rottweiler adalah anjing yang tangguh dan secara historis mereka terbukti sebagai penjaga yang selalu waspada, tajam, dan cerdas. Mereka akan cepat mempelajari perintah baru dan dapat menentukan siapa teman atau musuh.

Poodle

Memiliki berbagai ukuran, seluruh poodle adalah hewan yang cerdas. Bahkan poodle berukuran paling kecil pun adalah pemburu yang mahir. Namun, poodle standar adalah yang paling dilengkapi untuk memanfaatkan kecerdasan tersebut berkat ukuran dan kekuatannya yang lebih besar.

Baca Juga: 4 Buku Bacaan Tentang Hewan Kucing

Shetland Sheepdog

Hampir sama seperti kerabat border collie mereka, anjing shetland sheepdog merupakan jenis ras anjing gembala yang sangat cerdas. Mereka kecil dan gesit sehingga sangat jeli dalam melakukan pekerjaannya sebagai anjing gembala. Meski dalam kehidupan keluarga, shetland bisa menjadi anjing keluarga yang baik dan memiliki energi yang tinggi untuk menemani Anda beraktivitas, bahkan di luar ruangan.

Miniatur Schnauzer

Miniatur Schnauzer adalah anjing pendamping yang hebat! Mereka mudah beradaptasi, ramah, dan cepat belajar saat dilatih, serta mampu menangani berbagai tugas karena terkadang mereka ditugaskan di pertanian. Ras anjing ini juga suka berburu dan memiliki kemampuan pengamatan yang tajam. Mereka sangat lincah, tetapi menjaga pikiran tetap waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News