Bugar

Selain Jadi Camilan, Ini 5 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan Tubuh

Selain Jadi Camilan, Ini 5 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh selain menjadi camilan yang enak. 

Kuaci umumnya dijadikan kuaci dan camilan ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. kuaci menyimpan banyak manfaat kesehatan. 

kuaci mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan zat besi. 

Melihat banyaknya nutrisi tersebut, tak heran jika kuaci bisa mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya seperti dilansir dari Mayo Clinic berikut ini: 

Baca Juga: Coba Konsumsi Rutin, Ini Manfaat Apel untuk Penderita Asam Lambung

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan pencernaan. 

Dalam 30 gram kuaci terkandung sekitar 3 gram serat dan ini tergolong sedikit (hanya memenuhi 1/8 dari kebutuhan sehari-hari).  

Namun kehadiran serat dalam menu makanan sehari-hari dapat meningkatkan kerja usus dalam menyerap nutrisi dan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. 

2. Membantu mencegah penyakit kanker

Manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah membantu mencegah penyakit kanker. 

Salah satu manfaat kuaci adalah sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker. 

Hal tersebut dikarenakan kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama sel kanker. 

Selenium telah terbukti memicu perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak. Selain itu, selenium mampu menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah bisa menjaga kesehatan jantung. 

Manfaat kuaci dalam menjaga kesehatan jantung datang dari berbagai aspek jika dikonsumsi dengan tepat dan tidak berlebihan. 

Senyawa bioaktif peptida dan magnesium yang ada dalam camilan ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya gagal jantung. 

4. Mencegah peradangan

Manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah bisa mencegah peradangan. 

Peradangan yang lama terjadi pada tubuh bisa memicu terjadinya penyakit kronis. Manfaat kuaci dalam hal ini adalah mencegah munculnya peradangan di dalam tubuh. 

Hal ini karena kuaci mengandung vitamin E, flavonoid, dan senyawa bioaktif yang dapat bertindak sebagai antiinflamasi untuk menghambat dan menekan reaksi peradangan. 

Baca Juga: Selain Merelaksasi, Ini Sederet Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan Tubuh

5. Menjaga kadar gula darah

Manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh yang terkahir adalah menjaga kadar gula darah. Kuaci merupakan salah satu camilan dengan indeks glikemik yang rendah.

Camilan seperti ini cocok dikonsumsi penderita diabetes karena tidak akan menaikkan gula darah dengan drastis.  

Bagi Anda mengalami reaksi alergi atau susah buang air besar akibat terlalu banyak makan kuaci, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Itulah beberapa manfaat kuaci untuk kesehatan tubuh selain menjadi camilan yang enak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News