HOME, Bugar

Selain Gula, 4 Bahan Alami untuk Membuat Scrub Wajah dan Tubuh di Rumah

Selain Gula, 4 Bahan Alami untuk Membuat Scrub Wajah dan Tubuh di Rumah

MOMSMONEY.ID - Scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit Anda. Sehingga, hasil yang diharapkan kulit akan menjadi cerah dan segar. Telah banyak scrub wajah dan tubuh yang dijual di pasaran. Namun, jika Anda ingin menggunakan scrub dari bahan alami, tentunya bisa Anda lakukan.

Bahan alami tersebut cukup mudah Anda temukan, salah satunya gula. Biasanya gula selalu dijadikan bahan utama pembuatan scrub. Selain gula, ada beberapa bahan alami lainnya yang juga bisa Anda gunakan.

Tekstur dan kandungan yang dimiliki bahan alami tersebut juga dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam. Melansir dari herbsspa.com, ada empat bahan alami lainnya yang bisa dijadikan bahan membuat scrub di rumah. Yuk, cari tahu di sini!

1. Garam

Selain gula, garam juga bisa Anda jadikan sebagai bahan alami untuk membuat scrub. Garam dipercaya mampu menyegarkan tubuh dan memperbaiki sel kulit mati Anda. Sehingga, Anda akan merasakan sirkulasi yang lancar dan kulit yang halus.

Cara membuat scrub dari garam tidak sulit, Anda hanya perlu 1 cangkir air garam dan minyak zaitun, setelah itu Anda bisa menambahkan 5 tetes minyak esensial pilihan. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki kulit yang kusam.

2. Oatmeal

Bahan alami untuk membuat scrub selanjutnya dengan oatmeal. Bagi Anda pemilik kulit sensitif, bahan alami ini bisa Anda gunakan. Cara membuatnya cukup mudah yaitu campurkan 3 sdt oatmeal dan 1 sdt madu.

Selanjutnya, oleskan scrub yang sudah jadi ke wajah Anda dan gerakan memija yang memutar. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Penuaan Secara Alami

3. Green Tea

Green Tea juga bisa dijakan bahan untuk membuat scrub wajah di rumah. Green Tea mengandung banyak manfaat untuk tubuh Anda, selain menyehatkan kesehatan tubuh green tea juga bisa merawat kulit karena antioksidan yang menjaga kulit Anda tetap sehat dan segar.

Green tea juga dipercaya mampu meredakan kulit yang berjerawat. Cara membuatnya mudah, hanya tambahkan ekstrak green tea dan masukan ke dalam resep scrub kulit.

4. Kacang Kenari

Bahan alami untuk membuat scrub lainnya adalah dengan kacang kenari. Kombinasi kacang kenari dan yogurt bisa Anda gunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Kandungan yogurt berfungsi untuk mengatasi kulit yang keriput dan garis-garis halus.

Cara membuat scrub alami cukup mudah yaitu tumbuk ¼ cangkir kacang kenari, lalu campurkan yogurt. Oleskan ke kulit Anda dengan pijatan yang lembut. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Anda bisa melakukan perawatan rutin scrub ini seminggu sekali. 

Selanjutnya: 7 Cara Memakai Kondisioner dengan Tepat, Sudah Tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News