Bugar

Selain Enak untuk Camilan, Ini Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Selain Enak untuk Camilan, Ini Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kacang tanah tumbuh di dalam tanah dan termasuk dalam leguminosa. Ini berarti kacang tanah lebih mirip dengan kacang lentil, kacang polong, serta kacang kedelai. 

Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan.

Kandungan nutrisi ini berperan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, ditemukan dalam beberapa riset, mengonsumsi kacang tanah memiliki manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Bisa Dicoba! 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh dilewatkan, antara lain: 

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Kacang tanah memang berlemak, tapi kandungan lemaknya mayoritas lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Proporsi kandungan lemak ini menjadikan kacang kulit sebagai bahan makanan sumber lemak yang baik bagi kesehatan jantung. 

Menurunkan kolesterol

Manfaat kacang tanah yang kedua adalah menurunkan kolesterol. Kandungan lemak tak jenuh pada kacang tanah berpotensi menurunkan kolesterol ‘jahat’ dalam tubuh.

Lemak menyehatkan dalam kacang tanah ini juga memelihara sel-sel tubuh dan memberikan tubuh Anda asupan vitamin E.

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang melindungi jaringan tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kacang tanah yang ketiga adalah membantu menurunkan berat badan. Meskipun padat akan kalori dan lemak, kacang tanah ternyata tidak menambah berat badan.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research justru menyebutkan konsumsi kacang tanah dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko obesitas. 

Makanan ini kemungkinan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu Nih! Inilah 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat kacang tanah yang selanjutnya adalah mengendalikan kadar gul darah. Kacang tanah dipercaya menjadi pilihan camilan sehat bagi penderita diabetes.

Pasalnya, jenis kacang ini tidak akan menimbulkan peningkatan tajam pada kadar gula darah.  

Kadar gula darah bisa tetap terkontrol karena kacang tanah mengandung karbohidrat yang relatif rendah dan tinggi kandungan protein, lemak, dan serat.

Mencegah penyakit batu empedu

Manfaat kacang tanah yang terakhir bisa mencegah penyakit batu empedu. Batu empedu terbentuk dari sisa empedu dan kolesterol yang mengendap sehingga membentuk kristal empedu.

Konsumsi kacang tanah mungkin bisa mencegah penyakit batu empedu dengan cara menurunkan kolesterol darah. Kombinasikan dengan pola makan kaya serat.

Umumnya manfaat kacang tanah sangat baik, termasuk bagi yang sedang menjalani program diet. Kacang tanah dapat dikonsumsi sebagai pengganti makanan ringan.

Untuk memaksimalkan manfaat kacang tanah sebagai teman diet, Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News