HOME, Keluarga

Selain Daun Ketapang, Kedua Daun Ini Juga Baik untuk Ikan Cupang Loh!

 Selain Daun Ketapang, Kedua Daun Ini Juga Baik untuk Ikan Cupang Loh!

MOMSMONEY.ID - Khasiat daun ketapang pasti sudah tak asing lagi bagi para pecinta ikan cupang. Daun ketapang memiliki manfaat untuk ikan cupang dan ikan hias lainnya, yakni untuk mempercantik warna sisik dan bisa menyembuhkan luka pada tubuh ikan. Anda bahkan dapat membuat ekstraknya sendiri di rumah untuk disimpan sebagai stok obat.

Selain, daun ketapang ada dua alternatif daun lain yang bisa digunakan untuk mengobati ikan cupang dan ikan hias lainnya. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan mencari pohon ketapang. Sebab, di Indonesia wilayah Sumatera dan Kalimantan, pohon ketapang masih jarang ditemukan. Akibatnya, pemilik ikan cupang jadi sulit untuk mengobati ikannya.

Baca Juga: Ini Pertanda Ikan Cupang Anda Sedang Sekarat dan Cara Mengatasinya

Daun Pisang Kering

Daun pisang cukup mudah ditemukan di mana saja. Ternyata bila dikeringkan, daun pisang juga bermanfaat untuk ikan cupang. Daun pisang bermanfaat untuk meringankan stres, meningkatkan kecerahan warna ikan, membantu mempercepat pemulihan luka, mengobati jamur, dan meningkatkan kesiapan pemijahan.

Sayangnya, tak semua jenis daun pisang bisa digunakan. Pohon pisang yang bisa dimanfaatkan daunnya ini hanya termasuk daun pisang kapok, daun pisang siam, daun pisang tanduk, dan daun pisang raja.

Cara membuat ekstraknya adalah cuci daun pisang, lalu jemur hingga kering. Setelah kering, rendam daun pisang kering ke dalam wadah berisi air secukupnya. Setelah ekstrak daun keluar, gunakan kepada ikan seperti Anda menggunakan daun ketapang.

Baca Juga: Khasiat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami untuk Ikan Hias

Daun Jati Kering

Daun jati kering juga dapat menggantikan posisi daun ketapang. Dilansir dari Penjualcupang.com, daun jati dimanfaatkan untuk mencerahkan warna ikan cupang. Daun jati juga diyakini dapat melakukan pembersihan tinja dan bakteri yang melekat pada tubuh dan ekor ikan cupang.

Cara menggunakannya adalah daun jati yang telah dicuci, dijemur hingga kering. Setelah itu masukan daun jati kering ke wadah berisi air bersih secukupnya. Anda juga dapat merebusnya dan memberikan sedikit garam. Setelah itu berikan ekstrak ini ke dalam akuarium ikan cupang dan biarkan selama 2-3 hari di tempat yang gelap. Setelah 3 hari berlalu, pindahkan ikan cupang ke air yang jernih. Jemur ikan cupang kurang lebih 10 menit.

Selanjutnya: 5 Jenis Ikan Hias yang Tak Bisa Hidup Bersama dengan Ikan Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News