HOME, Bugar

Selain Bisa Dinikmati Sebagai Camilan, Jambu Mede Juga Memiliki Manfaat untuk Kesehat

Selain Bisa Dinikmati Sebagai Camilan, Jambu Mede Juga Memiliki Manfaat untuk Kesehat

MOMSMONEY.ID -  Buah dengan nama latin Anacardium occidentale ini memiliki bentuk bulat lonjong berwarna kuning atau merah kecoklatan.

Jambu mede tumbuh di pepohonan yang ketinggiannya dapat mencapai empat belas meter. Buah jambu mede banyak ditemukan di Brasil, India, Vietnam, Mozambik dan Tanzania. 

Jika bijinya diolah jadi kacang mede, jambu mede sering dijadikan sebagai selai, smoothies, maupun jus di berbagai negara Afrika.

Buah jambu mede juga kerap dipadukan bersama campuran buah lain, seperti mangga, kelapa, stroberi, dan bayam, untuk menghasilkan minuman sehat yang menyegarkan. 

Jambu ini mengandung serat, fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin C, serta mineral penting seperti magnesium, tembaga, kalsium, kalium dan zat besi yang diperlukan tubuh, dikutip dari Healthline.

Karena sejumlah kandungan inilah membuat jambu mede diyakini dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini. 

Baca Juga: Manfaat Timun Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

1. Berperan sebagai antioksidan

Buah jambu mede memiliki kandungan antioksidan alami untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul berbahaya.

Vitamin E dan Vitamin K dari jambu mede adalah sumber kandungan antioksidan tersebut. 

Makan jambu mede dapat membantu mengatasi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Sumber radikal bebas ada di lingkungan sehari-hari seperti sinar UV, asap rokok, polusi udara, dll. 

2. Berpotensi menjaga kesehatan mata

Dilansir dari jurnal European Food Research and Technology, jus jambu mede mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan jus nanas, jeruk, mangga, hingga lemon.

Di dalam jurnal tersebut dinyatakan bahwa jus jambu mede mengandung sekitar 203,5 miligram vitamin C per 100 mililiter. 

3. Mencegah kanker

Buah jambu mede mengandung senyawa proanthocyanidin, yaitu golongan flavonoid yang dapat menekan replikasi sel kanker.

Buah jambu mede juga mengandung beberapa mineral yang dapat mengurangi kecenderungan sel untuk bermutasi. Mengonsumsi jambu mede dapat mencegah kanker usus besar. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Berakibat Buruk untuk Kesehatan Ginjal

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah jambu mede adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Biji dari jambu mede yaitu kacang mede adalah sumber lemak baik untuk penyerapan vitamin A, D, E, dan K yang mudah larut di lemak.

Produksi asam lemak sangat penting untuk otak. Kacang mede mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Kandungan kacang mede juga dapat mengendalikan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah yang akan berpengaruh bagi kesehatan jantung. 

5. Meningkatkan energi

Kandungan tembaga yang cukup tinggi di dalam jambu buah mede dianggap bermanfaat untuk meningkatkan energi dan fleksibilitas pembuluh darah, sendi, serta tulang. Buah ini juga tinggi akan kalori. 

Jambu mede juga memiliki sejumlah serat yang penting untuk mengurangi berat badan bila dimakan dalam jumlah sedang. Pastikan untuk memaksimalkan upaya tersebut dengan olahraga teratur. 

Selanjutnya: Musim Hujan Telah Tiba, Waspadai 5 Penyakit Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News