Santai

Selain Bikin Kulit Glowing, Ini 6 Manfaat Matcha Bagi Kesehatan

Selain Bikin Kulit Glowing, Ini 6 Manfaat Matcha Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tak hanya sedang viral, namun ternyata matcha jadi salah satu minuman yang memiliki manfaat.

Popularitasnya yang semakin tinggi membuat banyak orang mulai mempertanyakan apa manfaat dari mengonsumsi matcha secara rutin.

Matcha adalah salah satu jenis minuman teh hijau populer asal Jepang. Minuman ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai jenis kafe masa kini. 

Siapa sangka ternyata mengkonsumsi matcha secara rutin bisa membawa manfaat baik. Berikut di antaranya:

Baca Juga: Siapkan 4 Makanan Penambah Mood Ini Saat Puasa, Enak Semua lo

Kaya anti oksidan

Anti oksidan membantu mengusir molekul buruk pada tubuh dan mengurangi kadar stres. Matcha sudah terbukti memiliki tinggi flavonoids, sejenis anti oksidan yang banyak terkandung dalam matcha

Beberapa manfaatnya adalah mengurangi peradangan, meningkatkan imunitas, dan mengurangi risiko kerusakan gigi.

Kulit glowing

Bubuk matcha yang digunakan untuk membuat minuman ini bukan hanya bagus untuk merawat kesehatan tubuh dari dalam. Tapi juga bisa membantu merawat tampilan kulit yang sehat dan glowing. Laman Forbes menjelaskan, teh hijau jenis ini berguna untuk memicu regenerasi kulit dan meredakan peradangan di kulit seperti psoriasis

Kandungan kafein dan EGCG pada matcha juga cocok ditambahkan pada rangkaian skincare sebagai masker untuk meredakan kemerahan dan menghasilkan kulit yang glowing.

Menjaga kesehatan jantung

Sudah banyak jenis penelitian yang membuktikan bahwa green tea, termasuk matcha, bisa mengurangi risiko terserang penyakit jantung. 

Minuman jenis ini terbukti mengurangi kadar kolesterol jahat yang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya risiko penyakit jantung pada manusia. Dengan memiliki gaya hidup sehat, mengkonsumsi matcha bisa efektif membantu menjaga kesehatan jantung dan penyakit dalam lainnya.

Baca Juga: Mau Melukat di Bali? Coba Kunjungi 4 Tempat Melukat Populer Ini Saja

Mencegah kanker

Dikenal sebagai minuman yang kaya akan anti oksidan, kandungan tersebutlah yang kemudian dipercaya bisa membantu mencegah kanker. Dari mulai kanker payudara, kulit, tulang, hingga liver. 

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan binatang membuktikan, ekstrak teh hijau bisa mengurangi ukuran tumor serta memperlambat pertumbuhan kanker payudara pada tikus. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hasil penemuan tersebut pada manusia.

Mengurangi berat badan

Jenis minuman teh hijau ini mengandung senyawa yang bisa meningkatkan pembakaran kalori, proses oksidasi lemak, dan mengurangi penyerapan lemak di tubuh. 

Maka dari itu, matcha sebagai salah satu jenis teh hijau dipercaya bisa membantu untuk mengurangi berat badan dan juga membantu mempercepat pengurangan berat badan.

Meningkatkan fungsi otak

Menurut laman Health Line, sebuah penelitian mengungkapkan, matcha terbukti bisa membantu meningkatkan perhatian, meningkatkan memori, serta respon tanggap tubuh yang berkaitan dengan fungsi otak.

Kandungan L-theanine dan kafein pada matcha juga dipercaya menjadi salah satu sumber yang membantu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kadar stres juga bisa ditekan dengan mengkonsumsi matcha.

Tertarik mencoba? Itulah sederet manfaat matcha yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News