HOME, Bugar

Selain Baik untuk Mata, Wortel juga Bisa Menurunkan Kolesterol

Selain Baik untuk Mata, Wortel juga Bisa Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Wortel ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat utama wortel adalah untuk kesehatan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin A yang melimpah yang ada pada wortel. 

Wortel juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Kandungan wortel antara lain beta karoten, antioksidan, kalium, serat, dan vitamin K adalah beberapa nutrisi yang melengkapi sayuran wortel, dikutip dari Healthline.

Berikut manfaat wortel yang wajib Anda ketahui untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Daun Genjer untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan risiko kanker

Kanker berawal dari pembentukan sel-sel abnormal yang tidak terkendali. Meski tidak langsung mencegah kanker, wortel yang kaya antioksidan mungkin bisa mengurangi risikonya. 

Wortel mengandung karoten dan likopen. Berdasarkan The American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan ini mungkin dapat melindungi sel tubuh dari kemungkinan penyakit kanker darah atau leukemia.  

2. Menurunkan kolesterol

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Kandungan itu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian di AS pun membuktikan hal tersebut. 

Penelitian itu mengamati sejumlah peserta yang rutin mengonsumsi wortel setiap hari dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Ada penurunan kolesterol pada para peserta.

3. Mencegah kerusakan mata

Vitamin A dalam wortel dapat membantu mencegah sejumlah masalah pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan penglihatan seperti mata minus, rabun dekat, dan astigmatisme. 

Untungnya, antioksidan berupa karoten dan lutein pada wortel bisa membantu mencegah kerusakan mata akibat faktor ini.  

4. Membuat kulit lebih sehat

Jika Anda memiliki riwayat masalah pada kulit seperti ruam atau psoriasis, konsumsi jus wortel bisa jadi solusi alami yang tepat. Vitamin C pada wortel mendorong pembentukan kolagen, sejenis protein yang membantu memperbaiki jaringan kulit. 

Beta karoten pada wortel juga mengurangi peradangan pada kulit, melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mempercepat proses pemulihannya. Secara keseluruhan, sayuran ini bisa memperbaiki tampilan kulit Anda. 

5. Baik bagi penderita diabetes

Karbohidrat yang terkandung pada wortel terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa. Wortel juga mempunyai indeks glikemik yang rendah yang baik untuk penderita diabetes.

Pada konsumsi wortel mentah, ditemukan indeks glikemik berkisar antara 16-60, terendah untuk wortel mentah dan sedikit lebih tinggi untuk wortel matang.

Baca Juga: Selain untuk Lalapan, Kenikir Juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh

Demikian beberapa manfaat wortel bagi kesehatan Anda. Sayuran ini memang kaya manfaat karena mengandung nutrisi yang melimpah.  

Mengetahui pentingnya mengonsumsi wortel, mulailah masukkan sayuran ini ke dalam menu harian Anda. Konsumsilah wortel secukupnya dan jangan lupa kombinasikan dengan sumber makanan lainnya. 

Selanjutnya: Kaya Nutrisi, Terong Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News