Bugar

Selain Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Selain Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Manfaat jeruk nipis untuk wajah cukup banyak. Salah satu yang dipercaya oleh banyak orang adalah membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah.

Hal itu mungkin saja benar, sebab jeruk nipis mengandung beragam nutrisi dan zat yang baik untuk kesehatan kulit dan bisa Anda gunakan dengan tepat.

Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, karbohidrat, gula, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan kolin.

Jeruk nipis yang rendah kalori ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan antioksidan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Selain itu, seperti dirangkum dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Mencerahkan kulit

Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik hitam pada kulit dan bisa diatasi oleh vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis.

Tak hanya memerangi bintik hitam akibat sinar matahari, vitamin C juga membantu menghambat produksi enzim tirosinase yang membantu produksi melanin dan mencegah hiperpigmentasi.

Mengencangkan pori-pori

Astringents dalam jeruk nipis mampu memperbaiki penampilan kulit wajah. Banyak produk kecantikan menggunakan bahan ini.

Terutama untuk mengencangkan pori-pori dan untuk sementara mengurangi produksi minyak di kulit. 

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada jeruk nipis dapat menjaga sel-sel kulit dari efek radikal bebas.

Tak hanya itu, vitamin C pun diyakini mampu mengurangi munculnya kerutan, meredakan kulit kemerahan, dan menghilangkan kantung mata.

Baca Juga: Luar Biasa! Ternyata Ini 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kelembapan kulit

Vitamin C dalam jeruk nipis terbukti dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kekenyalan dan kelembapannya tetap terjaga.

Tak hanya itu, mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau kering juga menjadi salah satu manfaat jeruk nipis untuk kulit.

Memudarkan flek hitam

Gunakan air jeruk nipis untuk memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit. Oleskan air jeruk nipis pada area kulit dengan bola kapas dan biarkan selama 30 menit. 

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa dicoba. Namun, Anda tetap harus hati-hati dalam mengoleskan air jeruk nipis ke wajah, terutama jika memiliki kulit yang sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News