Keluarga

Selain Air Putih, Ini 5 Minuman yang Bagus untuk Sahur

Selain Air Putih, Ini 5 Minuman yang Bagus untuk Sahur

MOMSMONEY.ID - Simak 5 minuman yang bagus untuk sahur, selain air putih. Selain berfokus pada makanan, selalu ingat juga untuk memerhatikan minuman yang Anda konsumsi saat sahur, ya.

Hindarilah minuman yang bisa dengan mudah memicu dehidrasi seperti minuman berkafein dan tinggi gula. Alih-alih minum minuman berkafein dan tinggi gula saat sahur, alangkah baiknya Anda memperbanyak minum air putih.

Selain air putih, ada 5 minuman yang bagus diminum saat sahur guna membantu mencegah dehidrasi selama berpuasa. Merangkum Sehat AQUA, berikut daftarnya:

1. Wedang jahe

Wedang lemon, jahe, dan gula merah

Minuman yang bagus untuk sahur selain air putih adalah wedang jahe.

Wedang jahe cocok diminum saat sahur karena dapat memberikan rasa hangat dan nyaman serta bisa meningkatkan sistem imun.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan air, jahe merah, sedikit gula merah, dan sereh. Kemudian, rebus semua bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Jika sudah mendidih, saring airnya dan wedang jahe sudah siap untuk dinikmati.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Surakarta Selama Ramadhan 2023, Baca di Sini

2. Air kelapa

Air kelapa

Minuman yang bagus untuk sahur selain air putih selanjutnya adalah air kelapa.

Air kelapa mengandung berbagai nutrisi seperti kalium, kalsium, natrium, karbohidrat, lemak, protein, fosfor, dan besi yang dapat membantu mengisi elektrolit yang hilang selama berpuasa. Hal ini tentu bermanfaat untuk memastikan keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi.

Air kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, pastikan Anda tidak menambahkan gula ke dalamnya ya. Sebaiknya, gunakan buah yang segar dan manis untuk menambah cita rasa pada air kelapa.

3. Susu

Susu panas dengan madu

Dalam segelas susu, ada kandungan kalsium, protein, vitamin B2, vitamin D, dan berbagai nutrisi lainnya yang bagus untuk tubuh.

Supaya terasa lebih nikmat, Anda dapat mencampurkan susu dengan 5 buah kurma yang sudah direndam dalam air selama 5-7 jam, 5 kacang almond, dan madu secukupnya. Blender semua bahan hingga halus dan susu kurma pun siap untuk disajikan.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan, Tidak Sulit

4. Teh hangat

Teh hijau

Minuman yang bagus untuk sahur selain air putih selanjutnya yaitu teh hangat.

Teh mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, teh juga dikenal mampu membunuh kuman yang ada di mulut, sehingga dapat membantu mencegah bau mulut selama berpuasa.

Disarankan untuk mengonsumsi teh tawar tanpa tambahan gula. Adapun jenis teh yang bisa Anda pilih adalah teh hijau.

5. Smoothies buah

Jus buah

Dapat membantu mencegah dehidrasi, Anda bisa membuat smoothies buah dengan mencampurkan buah-buahan seperti kiwi, nanas, pisang, atau pun mangga dengan susu tanpa menambahkan gula.

Buah-buahan tersebut diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh selama menjalani puasa.

Itulah 5 minuman yang bagus untuk diminum saat sahur selain air putih. Mana pilihan Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News