HOME, Keluarga

Selain AC, Ini Alternatif Pendingin Ruangan yang Bisa Digunakan di Rumah

Selain AC, Ini Alternatif Pendingin Ruangan yang Bisa Digunakan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Di negara tropis seperti Indonesia, AC atau air conditioner seolah sudah menjadi barang yang wajib untuk menangkal hawa panas di rumah.

Namun, penggunaan AC secara terus-menerus akan berdampak pada penggunaan listrik yang boros, sehingga dapat membuat tagihan listrik membengkak.

Di sisi lain, ada juga orang-orang yang tidak memiliki AC di rumahnya sehingga tidak bisa menikmati udara dingin setiap saat.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, Anda bisa menggunakan alat pendingin ruangan lainnya. Nah, kira-kira alat apa saja yang bisa menggantikan peran AC untuk mendinginkan udara di rumah?

Baca Juga: Promo Tokopedia x PLN, Beli Kompor Induksi Dapat Kupon Tambah Daya Listrik 150 Ribu

Kipas angin

Ketika membicarakan alat pendingin udara, rasanya kurang lengkap bila tidak membahas alat yang satu ini.

Dikutip dari Home Stratosphere, kipas angin memang kerap digunakan sebagai pengganti AC untuk menyejukkan udara di rumah karena harganya yang jauh lebih terjangkau.

Namun, kipas angin bekerja dengan cara memutar udara di dalam ruangan, sehingga kurang efektif untuk mendinginkan ruangan.

Solusinya, Anda bisa meletakkan baskom berisi es batu di depan kipas angin supaya udara yang ditiupkan terasa lebih sejuk.

Exhaust fan

Dikutip dari 99.co, exhaust fan pada dasarnya mirip dengan kipas angin biasa. Namun, berbeda dengan kipas angin yang memutarkan udara di suatu ruangan, exhaust fan bekerja dengan cara menarik udara panas ke luar ruangan tersebut.

Bila ditempatkan pada ruangan yang kecil dan sempit, exhaust fan dapat bekerja secara optimal untuk mengurangi hawa panas.

Baca Juga: Tips Merapikan Gudang di Rumah yang Berantakan, Bikin Lega!

Air cooler

Selain kipas angin, air cooler juga merupakan alternatif AC yang cukup populer. Alat yang satu ini bekerja dengan cara meniupkan udara dan uap air melalui bantalan yang dibasahi air es, sehingga udara yang dihembuskan terasa sejuk.

Karena cara kerjanya tersebut, air cooler cenderung akan melembapkan udara di sekitarnya. Jadi, air cooler akan cocok untuk Anda yang tinggal di wilayah dengan udara kering.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Air Cooler Terbaik, Rumah Sejuk Seketika

Sirkulasi udara alami

Memanfaatkan sirkulasi udara yang alami adalah cara yang paling mudah untuk menghadirkan udara sejuk tanpa AC.

Anda cukup membuka jendela dan pintu rumah lebar-lebar supaya udara bisa mengalir dengan lancar. Supaya sirkulasi udaranya makin efektif, bukalah jendela dan pintu dari kedua sisi rumah yang berlawanan, misalnya di depan dan belakang.

Tanaman

Dilansir dari Bobvila, menanam pohon di sekitar rumah adalah cara alami untuk menghadirkan udara sejuk ke dalam rumah, sehingga dapat menggantikan AC.

Selain itu, pohon dengan daun yang rimbun bisa membantu mengurangi intensitas cahaya matahari sehingga udara panas menjadi berkurang.

Anda juga bisa menggunakan tanaman hias di sekitar rumah untuk mendapatkan efek yang sama. Pastikan Anda memilih tanaman hias yang memiliki fungsi untuk membersihkan udara di rumah, ya.

Itulah beberapa alternatif pendingin ruangan selain AC yang bisa digunakan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News