HOME

Segudang Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu

Segudang Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Wortel ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat utama wortel adalah untuk kesehatan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin A yang melimpah dari wortel.

Bukan saja untuk mata, wortel juga mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh lainnya. Kandungan wortel antara lain beta karoten, antioksidan, kalium, serat, dan vitamin K adalah beberapa nutrisi yang melengkapi sayuran wortel, dikutip dari Healthline.

Berikut manfaat wortel yang wajib Anda ketahui.

1. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Kanker berawal dari pembentukan sel-sel abnormal yang tidak terkendali. Meski tidak langsung mencegah kanker, beberapa makanan yang kaya akan antioksidan mungkin bisa mengurangi risikonya.

Wortel mengandung antioksidan berupa karoten dan likopen. Berdasarkan sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan ini mungkin dapat melindungi sel tubuh dari kemungkinan penyakit kanker darah atau leukemia. 

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh

2. Menurunkan kolesterol

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Kandungan itulah yang membuat manfaat wortel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian di AS pun membuktikan hal tersebut.

Penelitian itu mengamati sejumlah peserta yang rutin mengonsumsi wortel setiap hari dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Para peneliti mengamati penurunan kolesterol yang mungkin terjadi. Hasilnya, para peserta benar-benar mengalami penurunan kadar kolesterol.

3. Mencegah penyakit dan kerusakan mata

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Manfaat ini dapat membantu mencegah sejumlah masalah pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan penglihatan seperti mata minus, rabun dekat, dan astigmatisme.

Untungnya, antioksidan berupa karoten dan lutein pada wortel bisa membantu mencegah kerusakan mata akibat faktor ini. 

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin Secara Umum untuk Kesehatan Tubuh

4. Membuat kulit lebih sehat

Jika Anda memiliki riwayat masalah pada kulit seperti ruam atau psoriasis, konsumsi jus wortel bisa jadi solusi alami yang tepat. Pasalnya, vitamin C pada wortel mendorong pembentukan kolagen, sejenis protein yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit.

Selain itu, beta karoten pada wortel juga mengurangi peradangan pada kulit, melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mempercepat proses pemulihannya. Secara keseluruhan, sayuran ini bisa memperbaiki tampilan kulit Anda.

5. Baik bagi penderita diabetes

Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa. Selain itu, wortel juga mempunyai indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

Pada konsumsi wortel mentah, ditemukan indeks glikemik berkisar antara 16-60, terendah untuk wortel mentah dan sedikit lebih tinggi untuk wortel matang. Nah, makanan berindeks glikemik rendah dianggap bermanfaat untuk penderita diabetes.

Demikian beberapa manfaat wortel bagi kesehatan Anda. Sayuran ini memang kaya manfaat karena mengandung nutrisi yang melimpah. 

Mengetahui pentingnya mengonsumsi wortel, mulailah masukkan sayuran ini ke dalam menu harian Anda. Konsumsilah wortel secukupnya dan jangan lupa kombinasikan dengan sumber makanan lainnya. 

Selanjutnya: 5 Buah yang Ampuh Menyembuhkan Sariawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News