HOME, Bugar

Segudang Manfaat Pisang Ini Tidak Perlu Diragukan untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Pisang Ini Tidak Perlu Diragukan untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Pisang merupakan buah bernama latin Musa acuminata, yang kaya akan gizi sehingga manfaatnya bagi kesehatan juga sangat beragam.  Manfaat pisang untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Buah berkulit kuning ini umum dikonsumsi di Indonesia, baik secara langsung maupun diolah menjadi sajian tertentu.

Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis. Buah satu ini sering dijadikan makanan pendamping ASI untuk bayi karena rasanya tersebut. Teksturnya yang lunak pun membuat buah pisang cocok dikonsumsi bayi yang sedang belajar makan. 

Nutrisi yang terkandung pada pisang akan meningkat saat buah tersebut matang. Pisang yang berwarna kuning dan berbintik hitam dinilai 8 kali lebih efektif dalam meningkatkan kerja sel darah putih dibandingkan dengan pisang mentah–menurut studi tahun 2009 dalam Jurnal Food Science and Technology Research. 

Di bawah ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pisang.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Terong Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga kesehatan tulang

Menurut studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, prebiotik fruktooligosakarida yang terkandung dalam pisang akan terfermentasi dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan penyerapan kalsium.

2. Kenyang lebih lama

Kandungan serat di dalam pisang dapat memperlambat pengosongan lambung. Hal ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk mengonsumsi camilan secara berlebihan dapat diminimalkan. Pisang yang berwarna kehijauan atau belum matang mengandung lebih banyak serat pati, yang berperan dalam hal tersebut.

3. Menurunkan tekanan darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang punya manfaat membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan penderita hipertensiuntuk makan makanan tinggi kalium guna membantu turunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh. 

 Baca Juga: Manfaat Kangkung, Mulai Mengobati Anemia Sampai Menjaga Kesehatan Mata

4. Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan kalium dalam pisang juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal. Faktanya, seorang wanita yang mengonsumsi 2 hingga 3 buah pisang dalam seminggu memiliki risiko penyakit ginjal 33 persen lebih rendah. Apabila Anda mengonsumsi buah pisang sebanyak 4 hingga 6 dalam satu minggu, risiko penyakit ginjal dapat berkurang hingga 50 persen.

5. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan camilan. Si kuning manis ini merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung.

Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

Manfaat pisang untuk kesehatan ternyata sangat bervariasi. Bagi Anda yang ingin menikmati manfaat tersebut, pastikan untuk mengonsumsi pisang dalam porsi yang tepat setiap hari. 

Selanjutnya: Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News