HOME, Keluarga

Segudang Manfaat dari Kimchi, Makanan Khas Korea yang Wajib Ada di Setiap Hidangan

Segudang Manfaat dari Kimchi, Makanan Khas Korea yang Wajib Ada di Setiap Hidangan

MOMSMONEY.ID - Siapa yang tak kenal Kimchi? Makanan pemdamping ala Korea yang selalu disajikan di setiap hidangan ini memiliki rasa yang lezat meski sedikit asam karena difermentasi.

Orang Korea telah menjadikan kimchi sebagai menu wajib yang harus selalu dihidangkan. Kimchi itu sendiri merupakan makanan yang berasal dari sawi putih yang difermentasi bersama dengan beberapa bumbu tambahan seperti gula, garam, bawang, dan bubuk cabai untuk menambah rasa.

Dilansir dari Asia Society, jenis kimchi di Korea itu sendiri tercatat ada lebih dari 200 jenis dengan berbagai olahan rasa dan masakan yang tentunya berbeda. Inilah yang menyebabkan orang Korea hampir tidak pernah bosan mengonsumsinya meski dimakan setiap hari.

Baca Juga: Batas Waktu Ideal Menghindari Makanan Sebelum Basi atau Kedaluwarsa

Dilansir dari English Visit Korea, dikatakan bahwa kimchi adalah salah satu dari makanan tersehat di dunia menurut Majalah Amerika Serikat “Health”. Mengapa Kimchi ini disebut sebagai makanan sehat? Lalu apa saja manfaat kimchi sehingga disebut makanan sehat? Kita simak selengkapnya!

Melancarkan pencernaan

Kimchi disebut sebagai makanan sehat karena adanya proses fermentasi kimchi yang mengandung bakteri asam laktat. Bakteri ini gunanya untuk membantu melancarkan pencernaan dan memerangi bakteri yang berbahaya.

Mengandung Kolin

Dilansir dari Web MD, kimchi kaya akan Kolin yang mengandung banyak sekali manfaat. Kolin dalam Kimchi merupakan senyawa alami yang penting untuk menjaga sel, otot, sistem saraf, dan bahkan suasana hati. Kolin juga mampu menjaga  daya ingat anda.

Mengandung vitamin K

Kimci mengandung vitamin K yang berguna bagi pelancaran darah. Vitamin K itu sendiri mencegah pembekuan darah serta dapat memperkuat tulang dalam tubuh serta menjaga tulang agar tidak mudah rapuh.

Baca Juga: Ini Dia Solusi Menghindari Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Mampu meningkatkan kekebalan tubuh

English Visit Korea menyatakan bahwa kimchi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pernyataan tersebut didukung melalui penelitian terhadap bakteri baik Lactobacillus plantarum yang ada dalam kimchi yang MomsMoney kutip melalui Healthline.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa tikus yang disuntikkan kandungan makanan yang mengandung bakteri di atas memiliki tanda inflamasi tumor nekrosis faktor alpha (TNF Alpha) yang lebih rendah dibanding tikus lain yang tidak disuntikkan bakteri tersebut.

Tingkat TNF Alpha ini biasanya meningkat selama sakit. Ini menunjukkan bahwa kadar TNF Alpha yang tinggi dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Penelitian lain dari tabung reaksi yang mengisolasi bakteri Lactobacillus plantarum dari Kimchi menunjukkan bahwa bakteri ini memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kimchi mengandung probiotik. Probiotik itu sendiri terbukti meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolestrol dan peradangan. Studi juga menunjukkan bahwa kimchi dapat mengurangi risiko aterosklerosis melalui sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan penurunan kolestrol.

Nah itu dia beberapa manfaat dari kimchi. Nyatanya makanan ini memiliki manfaat besar dalam bidang kesehatan. Jadi anda tak perlu khawatir untuk mengonsumsi kimchi setiap hari, karena dilansir dai BBC Good Food, kimchi aman dikonsumsi setiap hari.

Selanjutnya: Dinginkan Hari Dengan Segarnya Pink Jasmine Tea yang Instagramable

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News