HOME, Bugar

Segudang Manfaat Buah Gandaria yang Harus Anda Ketahui

Segudang Manfaat Buah Gandaria yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Gandaria (Bouea macrophylla Griff) dikenal sebagai salah satu buah eksotis yang khas dari Maluku, terutama di sekitar pesisir dan perbukitan di Pulau Ambon dan Saparua. Di Inggris misalnya, buah ini juga dikenal dengan nama mangga plum (plum mango). 

Buah gandaria adalah tanaman yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari air, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, riboflavin, dan berbagai vitamin.Kandungan vitamin A dan C dari gandaria bahkan menduduki urutan kedua terbanyak setelah mangga dan jambu mete.

Memasukkan gandaria ke dalam daftar menu sehat sehari-hari Anda adalah keputusan yang tepat jika ingin tubuh Anda senantiasa sehat. Berikut ini adalah manfaat buah gandaria yang perlu diketahui.

Baca Juga: Menakjubkan ! 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kecantikan

1. Meminimalisir risiko penyakit jantung 

Selain stroke, penyakit kardiovaskular berbahaya lainnya yang bisa diminimalisir risikonya adalah penyakit jantung. Khasiat gandaria yang satu ini juga masih dihasilkan oleh vitamin C yang terkandung di dalamnya. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi vitamin C memiliki risiko penyakit jantung 25 persen lebih kecil ketimbang mereka yang jarang mengonsumsi vitamin ini

2. Peradangan kronis

Normalnya, sistem imun akan memproduksi radikal bebas saat melawan kuman yang mengakibatkan peradangan di dalam tubuh. Namun ketika tubuh sudah mengalami stres oksidatif, kadar radikal bebas di dalam tubuh akan berlebihan sehingga mengakibatkan peradangan kronis. Peradangan kronis yang diakibatkan oleh stres oksidatif dapat memunculkan berbagai penyakit, seperti diabetes, jantung (termasuk tekanan darah tinggi, aterosklerosis, dan stroke), dan arthritis.

3. Merawat kesehatan kulit 

Adanya vitamin C di dalam gandaria lantas menjadikan buah ini juga memiliki manfaat terkait kesehatan kulit tubuh. Mengonsumsi buah gandaria secara rutin diklaim dapat membuat kulit tubuh Anda senantiasa terawat dan terbebas dari masalah penuaan dini yang ditandai oleh sejumlah ciri seperti flek hitam, keriput atau kerutan pada wajah, dan kulit kering. Menurut penelitian yang dirilis oleh American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengonsumsi vitamin C memiliki kualitas kulit yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak.

4. Menjaga berat badan

Salah satu kandungan gandaria yang cukup tinggi lainnya adalah serat. Kandungan serat di dalamnya menjadikan buah ini cocok untuk diet. Serat dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga frekuensi makan dapat terjaga untuk mengendalikan berat badan.

5. Penyakit neurogeneratif

Penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson juga bisa terjadi karena kondisi stres oksidatif pada otak. Otak sendiri memang merupakan bagian paling rentan mengalami stres oksidatif karena bagian ini cukup banyak membutuhkan oksigen, yakni hingga 20 persen dari total kebutuhan tubuh.

 Baca Juga: Tak Hanya Segar, Semangka Juga Bisa Membunuh Sel Kanker

Meski daging buah gandaria tidak semanis mangga harumanis, namun gandaria lebih banyak dikonsumsi dalam keadaan segar. Beberapa orang juga menjadikannya sebagai sirup atau manisan gandaria. 

Selain itu, gandaria juga bisa dijadikan campuran pada sambal agar menghadirkan sensasi asam yang segar, apalagi bila dicampur dengan daun mudanya yang berwarna ungu tua. Selain itu, buah ini bisa dijadikan asinan. 

Selanjutnya: Meskipun Pahit, Kandungan Nutrisi Pare Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News