HOME

Segera Daftar, Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka Hari Ini, Senin (16/8)

Segera Daftar, Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka Hari Ini, Senin (16/8)

MOMSMONEY.ID - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah membuka Gelombang 18 Program Kartu Prakerja, hari ini pukul 19.00 WIB. Pembukaan Program Kartu Prakerja ini merupakan usaha pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19.

“Pemerintah sangat memahami kesulitan yang dialami masyarakat akibat pandemi ini dan berharap masyarakat dapat tetap tangguh dan tumbuh dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja,” ujar  Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam keterangan tertulis.

Denni berharap, pendaftar yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja  serius mengikuti pelatihan yang dapat mendukung kehidupan ekonomi selama dan pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga: Waspada Infeksi Sparganosis dari Ular dan Amfibi

Adapun, Pendaftar Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan maupun pelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal, tidak tercatat di DTKS Kemsos, bukan penerima BSU, BPUM, bukan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, DPRD.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan melalui situs resmi Program Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Adapun, berbagai informasi terbaru bisa diikuti di Instagram @prakerja.go.id.

Berikut ini cara mendaftar kartu prakerja:
1. Buka www.prakerja.go.id pada browser hamdphone atau komputer.
2. Siapkan nomor kartu keluarga dan NIK.
3. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar.
4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.
5. Klik "gabung" pada gelombang yang sedang dibuka.
6. Nanti pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang melalui SMS.

Sebagai informasi, setelah program ini berjalan selama 16 bulan, terdapat 8,28 juta peserta yang diterima dalam 17 gelombang pendaftaran. Dari jumlah tersebut sebanyak 88% menganggur, 59% dari perdesaan, 47% perempuan, 2,3% purna pekerja migran Indonesia, dan 3,6% difabel.

Dengan alokasi anggaran yang tersedia di semester 2 tahun 2021, Program Kartu Prakerja akan mampu memberikan bantuan kepada setidaknya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran.

Denni pun mengatakan program Kartu Prakerja  menghasilkan banyak pencapaian. Menurutnya, ini dibuktikan dari berbagai hasil survei internal maupun survei yang dilakukan lembaga atau organisasi independen.

Selanjutnya: Waspadai! Ini Penyebab Penyakit Migrain yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News