HOME, Keluarga

Segarkan Mata Lewat Beberapa Kegiatan saat Sedang Bosan di Rumah

Segarkan Mata Lewat Beberapa Kegiatan saat Sedang Bosan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Bagi kamu yang sedang berdiam diri di rumah karena sedang masa WFH akibat PPKM Jawa & Bali, mungkin Moms merasa stress ataupun jenuh dengan rutinitas dan kesibukan yang itu-itu saja. Moms mungkin sudah mencoba berbagai macam kegiatan dan akhirnya merasa bosan. Ada baiknya Moms melakukan beberapa kegiatan yang bisa menyegarkan mata.

Moms bisa melakukan beberapa kegiatan seperti:

Melukis

Melukis adalah kegiatan yang sangat dianjurkan di kala pandemi. Ini karena melukis dapat mendistraksi pikiran dari segala hal yang membuatmu stress entah karena pekerjaan ataupun ketika sedang bosan.

Mengutip dari pinotspallete.com, melukis dapat menghilangkan rasa stress serta dapat membuat seseorang menjadi lebih positif.

Saat sedang stress atau bosan, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk melukis. Dengan melihat berbagai macam warna yang Moms kreasikan dalam lukisan, maka mata dan pikiran akan merasa lebih nyaman daripada sebelumnya.

Merajut

Kamu bisa mengisi waktumu dengan belajar merajut.

Menurut sheepandstitch.com, merajut bisa memberi efek menenangkan. Hal ini disebabkan merajut memiliki gerakan yang konstan secara berulang dan membentuk suatu pola. Gerakan konstan ini akan memicu pertumbuhan serotonin sebagai pemicu rasa senang dan nyaman.

Selain itu, merajut juga bisa membuat mata lebih fokus.

Baca Juga: 7 Jenis Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Menyehatkan Tubuh & Cocok untuk Diet

Berkebun

Jika terlalu lama menatap layar Hp, maka ada baiknya berhenti sejenak dan mulai segarkan mata dengan hanya sekadar melihat tanaman-tanaman hijau.

Isi juga waktumu dengan kegiatan berkebun saat sedang merasa bosan. Mengutip dari gardengatemagazine, berkebun dapat mengurangi hormon kortisol penyebab stress. Hal tersebut disebabkan karena dengan berkebun, mampu menghasilkan hormon endorphin, si penghilang rasa stress dan sakit, serta si penambah energi positif bagi tubuh.

Bahkan jika Moms hanya sekadar duduk di kebun halaman rumahmu, rasa stress itu akan mereda dengan sendirinya. 

Berkebun bisa menjadi kegiatan selanjutnya yang patut kamu coba di rumah.

Baca Juga: Merasa Overthinking & Cemas? Tepis dengan Beberapa Meditasi

Menghias kamar

Bagi sebagian orang, kamar adalah tempat ternyaman. Untuk itu, Moms perlu sedikit mendekorasi ulang kamar dan rumah untuk mengusir rasa bosan sekaligus membuat nyaman untuk dilihat.

Moms bisa menghias kamar dengan menambahkan vas bunga berisi tanaman kecil untuk di simpan di dalam kamar. Menurut Journal of Enviromental Psychology yang MomsMoney kutip dari housebeautiful.com, tanaman hias mampu mengurangi tingkat stress.

Moms juga bisa menata ulang kamarmu dengan mengubah cat dinding menjadi warna biru muda. Masih menurut housebeautiful, warna biru mampu memunculkan rasa ngantuk dan mengurangi tekanan darah.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat bosan di rumah yang mampu menyegarkan mata.

Intinya jika kamu sedang lelah, manfaatkan kegiatan apapun yang berhubungan dengan warna karena itu mampu meningkatkan mood.

Selanjutnya: Bagaimana Cara Menjaga Imun Tubuh Saat Pandemi? Simak Tipnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News