HOME, Keluarga

Segar dan Nyaman, Simak 5 Trik Menciptakan Suasana Alam di Kamar Mandi

Segar dan Nyaman, Simak 5 Trik Menciptakan Suasana Alam di Kamar Mandi

MOMSMONEY.ID - Seperti ruangan lainnya di rumah, kamar mandi bisa didesain dan didekorasi dengan berbagai macam gaya.

Khusus untuk kamar mandi, biasanya pemilik rumah menginginkan suasana yang kalem dan tenang sehingga momen mandi dan membersihkan diri terasa lebih nyaman.

Supaya kesan kalem tersebut bisa hadir, terkadang pemilik rumah menginginkan kamar mandi dengan suasana alam. Memang, suasana alam yang segar dan menenangkan bisa memberikan kesan yang nyaman di dalam kamar mandi.

Nah, kira-kira bagaimana caranya menciptakan suasana alam di kamar mandi? Dirangkum dari laman ABC Glass and Mirror, Your Home and Garden, dan Fenesta.com, berikut trik-triknya.

Baca Juga: 4 Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kulkas, Mudah!

Tambahkan tanaman hias

Salah satu cara termudah untuk menghadirkan suasana alam di kamar mandi adalah dengan menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi kamar mandi. Anda bisa meletakkan tanaman hias dengan pot di atas meja wastafel, di lantai, bahkan di atas rak kamar mandi.

Sebagai catatan, pastikan Anda memilih jenis tanaman yang dapat bertahan di area dengan kondisi lembap dan minim cahaya seperti kamar mandi. Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan tanaman hias palsu atau artifisial.

Gunakan motif khas alam

Selanjutnya, coba gunakan motif-motif khas alam pada dinding atau lantai kamar mandi untuk menghadirkan suasana alam.

Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan wallpaper tahan air yang dirancang khusus untuk kamar mandi. Selain itu, ubin dengan motif seperti dedaunan atau bunga-bungaan bisa menjadi alternatif yang lebih mudah.

Gunakan material alam

Penggunaan material alam seperti kayu, batu, granit, hingga marmer merupakan salah satu cara termudah untuk menghadirkan suasana alam di kamar mandi tanpa terlihat norak.

Material-material alam tersebut bisa digunakan di mana saja, mulai dari lantai, dinding, plafon, bahkan wastafel dan bak mandi. Supaya terlihat cantik, pilihlah material-material yang sesuai dengan gaya dan selera Anda.

Baca Juga: Dikenal Elegan, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Berbahan Marmer

Gunakan warna-warna alam

Ketika memilih warna untuk kamar mandi, umumnya pemilik rumah cenderung memilih warna-warna yang terkesan kalem dan sejuk, seperti biru, hijau, abu-abu, hingga warna bersih seperti putih.

Untuk memaksimalkan kesan alami di kamar mandi, coba gunakan warna yang khas alam seperti hijau, coklat, atau abu-abu. Khusus untuk warna hijau, pilihlah jenis warna hijau yang lembut dan nyaman dipandang seperti hijau mint atau hijau sage.

Maksimalkan pencahayaan alami

Terakhir, cobalah untuk memaksimalkan pencahayaan alami sehingga kamar mandi terasa lebih segar dan cerah. Pencahayaan alami yang optimal juga akan membantu mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan lampu dengan pencahayaan yang lembut dan tidak terlalu terang di kamar mandi. Sebab, pencahayaan yang terlalu terang justru akan menyilaukan mata Anda dan mengurangi kenyamanan saat beraktivitas di kamar mandi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana alam di kamar mandi. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News