Bugar

Segar dan Manis, Inilah Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit Wajah

Segar dan Manis, Inilah Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Suka konsumsi buah semangka? Rasanya yang manis dan segar tentunya menjadi cemilan sehat favorit banyak orang. Dibalik itu semua, semangka memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit, khususnya bagian putih semangka.

Jika Anda tertarik mengenal lebih jauh, berikut manfaat buah semangka untuk kulit wajah dilansir dari laman realfood.co.id, yaitu: 

Kulit semangka

1. Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah

Manfaat buah semangka untuk kulit yaitu mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Pada kulit, semangka mengandung vitamin A yang mampu mengecilkan pori-pori dan meminimalisir minyak berlebih dari kelenjar kulit sebaceous.

Bagi pemilik kulit berminyak maupun kulit kering, semangka dapat Anda jadikan sebagi cemilan sehat sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bagian putih semangka. Caranya dengan mengoleskan bagian putih semangka pada wajah selama 20 menit, kemudian bilas dengan pembersih wajah favorit Anda.

Kulit semangka memiliki daya serap tinggi, sehingga mampu mengatasi kulit kering dan mengurangi terjadinya produksi minyak berlebih di wajah.

Baca Juga: Promo Hotel di Indonesia Bagian Barat dengan Diskon 30%, Pesan Tiket.com Sekarang!

2. Meredakan Jerawat

Selanjutnya, manfaat buah semangka untuk kulit wajah adalah mampu meredakan jerawat. Daging buah semangka yang berwarna putih dan kulitnya memiliki kandungan vitamin B6, A, dan C. Selain mengonsumsinya, Anda juga bisa menggosok-gosokkan bagian putih semangka pada wajah di pagi dan malam hari. Menarik buat dicoba di rumah.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah semangka untuk kulit lainnya yaitu mampu mencegah penuaan dini. Masalah kulit satu ini tentu akan dialami oleh siapa saja, tetapi masih ada cara untuk memperlambat penuaan. Semangka merupakan salah satu sumber vitamin yang kaya akan likopen, vitamin A, dan C.

Semua kandungan ini sangat baik untuk mengurangi efek radikal bebas di kulit Anda yang dapat menyebabkan keriput, flek hitam, dan juga garis halus. Anda dapat menggunakan semangka sebagai masker wajah dan mengonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik dari luar maupun dari dalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News