HOME, Keluarga

Sederhana dan Rapi, Berikut Inspirasi Dapur Minimalis ala Skandinavia

Sederhana dan Rapi, Berikut Inspirasi Dapur Minimalis ala Skandinavia

MOMSMONEY.ID - Bagi pemilik rumah yang hobi memasak, penampilan dapur yang rapi dan bersih tentu dapat menunjang kegiatan memasak di dapur.

Untuk menciptakan tampilan dapur yang rapi dan bersih, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan gaya minimalis yang simpel.

Salah satu jenis gaya minimalis yang banyak digemari adalah gaya Skandinavia yang terkenal dengan penampilan interior rumah yang simpel dan mengedepankan aspek fungsionalitas. Nah, penampilan ruangan yang simpel dan fungsional ala Skandinavia membuat gaya ini sangat cocok diterapkan di dapur.

Berikut ada beberapa contoh dapur yang didesain dengan gaya minimalis ala Skandinavia. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Elegan, Interior Hunian Jadi Menawan

Bersih dan cerah

Gaya minimalis ala Skandinavia identik dengan penampilan ruangan yang cerah dan lapang. Gaya ini juga menyukai pencahayaan alami yang maksimal.

Anda dapat menggunakan jendela untuk memasukkan cahaya alami sebanyak-banyaknya ke dapur seperti pada gambar di atas. Untuk membantu menyebarkan cahaya ke ruangan dan menonjolkan kesan lapang, gunakan warna putih pada sebagian besar permukaan dapur, misalnya lemari, kabinet, dinding, dan langit-langit.

Sebagai pelengkap, warna coklat muda melalui penggunaan elemen alam seperti kayu dan rotan pada pernak-pernik dapur. Warna coklat muda yang netral akan melengkapi warna putih dan ikut membantu memberi kesan ruangan yang lapang.

Meja bar yang minimalis

Menambahkan meja bar di dapur merupakan langkah yang tepat bila Anda tidak memiliki ruang makan khusus di rumah atau sibuk sehingga tidak sempat makan di ruang makan.

Supaya memberi kesan interior ala Skandinavia, gunakan meja bar dengan desain yang minimalis dan simpel. Tentunya, desain dan ukuran meja bar juga harus sesuai dengan penampilan interior dapur sehingga terlihat serasi.

Jangan lupa untuk menggunakan elemen alam seperti kayu, rotan, atau rami pada furnitur dan pernak-pernik dapur. Sebagai pelengkap, hadirkan pencahayaan alami melalui jendela yang dibuka lebar untuk menonjolkan kesan Skandinavia di dapur.

Baca Juga: Dikenal Efisien dan Hemat Energi, Apa Itu Lampu LED?

Menghemat ruangan

Jika Anda tinggal di rumah kecil atau apartemen, tidak ada salahnya menggabungkan dapur dengan ruangan lain untuk menghemat tempat.

Contohnya seperti dapur di atas yang digabungkan dengan ruang keluarga. Walaupun kecil, dapur tersebut tetap terlihat simpel dan fungsional sehingga masih selaras dengan prinsip gaya Skandinavia.

Jika Anda memiliki dapur kecil seperti gambar di atas, pastikan Anda menggunakan furnitur yang minimalis dan menggunakan sedikit dekorasi supaya tidak terlihat penuh dan sumpek. Jangan lupakan aspek pencahayaan yang terang untuk membantu memberi ilusi ruangan yang lapang.

Warna hitam yang tegas

Walaupun identik dengan warna netral yang terang seperti warna putih, Anda boleh-boleh saja menggunakan warna gelap seperti hitam pada ruangan bergaya Skandinavia.

Contohnya seperti dapur di atas yang didominasi dengan warna hitam. Penggunaan warna hitam pada dapur pun memberikan kesan yang tegas dan minimalis.

Selain melalui penggunaan warna netral, gaya Skandinavia pada dapur bisa Anda hadirkan lewat keberadaan elemen kayu dan desain furnitur yang bersih, tegas, dan minimalis. Perhatikan juga pencahayaan di dalam dapur, baik pencahayaan alami maupun buatan.

Selanjutnya: Tips Memilih Wallpaper untuk Interior Rumah Anda, Yuk Catat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News