Keluarga

Sederet Perbedaan Rasa Umami dan Rasa Asin yang Tak Bikin Bingung

Sederet Perbedaan Rasa Umami dan Rasa Asin yang Tak Bikin Bingung

MOMSMONEY.ID - Ada sederet perbedaan rasa umami dan rasa asin yang bisa dijabarkan. Bagi Anda yang masih bingung karena menganggap rasa umami dan rasa asin yang sama, maka Anda wajib membaca artikel yang satu ini.

Rasa umami pertama kali ditemukan oleh Dr. Kikunae Ikeda pada tahun 1980. Ini dimulai ketika Ikeda mencicipi sup rumput laut. Setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun, pada akhirnya di tahun 1985, umami diakui sebagai rasa dasar ke-5 oleh berbagai kalangan ilmiah di dunia.

Lantas, apa sih sebetulnya perbedaan rasa umami dan rasa asin? Untuk tahu jawabannya, mari kita simak bersama-sama artikel berikut ini yang dirangkum dari Dapur Umami dan Tasting Table.

Baca Juga: Sulit Dimakan Karena Rasanya Pahit, Ini 5 Cara Bikin Pare Jadi Tidak Pahit

Rasa asin

Perbedaan Rasa Umami dan Rasa Asin

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik 2023: 6 Tempat Paling Nyaman untuk Bersantai, Ada Indonesia

Seperti yang kita ketahui, rasa asin merupakan rasa yang disimbolkan oleh rasa garam dan air laut. Jenis rasa asin begitu menggigit dan spesifik sehingga bisa dijabarkan dengan sangat mudahnya, seperti halnya rasa asam dan pahit.

Rasa asin itu sendiri terletak pada bagian ujung lidah yang dapat dirasakan oleh indra pengecap dan selanjutnya proses ini dikoneksikan ke bagian otak.

Sumber utama rasa asin diperoleh dari bubuk/kristal garam. Garam ini juga memiliki fungsi dalam berbagai hal, mulai dari menambah cita rasa sedap, mengawetkan makanan, hingga penambah warna.

Baca Juga: 5 Fungsi Lain Garam Pada Makanan, Mulai dari Penambah Warna hingga Pengawet

Rasa umami

Perbedaan rasa umami dan rasa asin dapat dikatakan sangat jelas. Jika rasa asin punya rasa yang menggigit & spesifik, maka rasa umami merupakan jenis rasa yang keberadaannya cukup kompleks untuk dijabarkan.

Kata “Umami” itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang dapat didefinisikan sebagai “rasa gurih yang menyenangkan”.

Perbedaan rasa umami dengan rasa asin dihasilkan dari rasa itu sendiri. Rasa umami dijabarkan sebagai rasa yang begitu dalam, gurih, dan rasanya mirip rasa daging.

Baca Juga: Supaya Tak Mengeras, Intip Aneka Tips Ampuh Menyimpan Keju Berdasarkan Jenisnya

Keju Cheddar sebagai salah satu makanan penghasil rasa umami

Umami itu sendiri merupakan rasa senyawa asal glutamat yang dihasilkan pada berbagai makanan seperti rumput laut, kaldu udang, jamur, kaldu daging, tomat, keju parmesan, saus tiram, hingga tauco.

Jika rasa asin hanya dihasilkan dari garam, maka rasa umami dihasilkan dari berbagai jenis makanan di atas.

Baca Juga: Jadi Liburan Impian, Ini Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 Versi Lonely Planet

Senyawa glutamat sendiri dihasilkan secara alami baik pada manusia maupun pada berbagai jenis makanan seperti sayur-sayuran, bumbu-bumbuan, dan protein hewani.

Jamur Enoki sebagai salah satu jenis makanan penghasil rasa umami

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menyimpan Susu Cair di dalam Kulkas Agar Tak Cepat Basi

MSG atau Monosodium Glutamat merupakan bentuk kimia dari rasa umami yang disuling.

Memang sebetulnya cukup sulit untuk melihat perbedaan rasa umami dan rasa asin. Ini disebabkan karena sebagian makanan penghasil rasa umami juga bercita rasa asin. Contohnya seperti sarden kalengan, ikan yang diawetkan, dan kecap asin.

Namun satu hal yang dapat membuat jelas perbedaan rasa umami dan rasa asin adalah umami merupakan jenis rasa yang kompleks, dapat bertahan lama di mulut, serta seimbang sehingga dapat menyebabkan mulut Anda memproduksi air liur yang banyak.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Banyaknya air liur yang diproduksi makanan bercita rasa umami tidak dapat disamakan dengan rasa asin yang Anda cicipi di lidah. Ini karena rasa asin tak akan menciptakan liur mulut yang banyak, sebanyak rasa umami.

Itu dia sederet perbedaan rasa umami dan rasa asin yang bisa dijabarkan. Jadi kini Moms sudah mengetahui perbedaan rasa keduanya sehingga Moms tak akan salah lagi dalam mengidentifikasi makanan bercita rasa umami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News