CLOSE [X]
ads

Sederet Olahraga yang Efektif Membantu Melancarkan Haid

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 01 Mei 2022 | 06:05 WIB
Sederet Olahraga yang Efektif Membantu Melancarkan Haid


MOMSMONEY.ID - Olahraga untuk melancarkan haid mungkin terdengar tidak meyakinkan bagi sebagian orang. Haid kerap menjadi alasan bagi wanita malas berolahraga. 

Hal itu biasanya karena tubuh terasa tidak nyaman saat haid, apalagi jika siklus haid terganggu. Tidak semua jenis latihan baik untuk dilakukan saat haid.

Dilansir dari Women Health, berikut ini beberapa olahraga yang efektif membantu melancarkan haid yang bisa Anda coba, antara lain:  

Baca Juga: Ingin Olahraga Tapi Sedang Haid? Coba 4 Olahraga Ringan Ini Saja!

1. Yoga

Olahraga yang efektif membantu melancarkan haid pertama adalah yoga. Yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk melancarkan haid. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa latihan yoga membantu menyeimbangkan hormon yang terkait dengan siklus haid tidak teratur. 

2. Pilates

Olahraga yang efektif membantu melancarkan haid kedua adalah pilates. Latihan untuk menurunkan stres dapat membantu mengatasi haid tidak lancar.

Sama halnya dengan yoga, latihan pilates juga dapat membantu membuat tubuh lebih rileks dan bisa dilakukan sejak 2-3 hari sebelum haid. 

3. Jalan kaki ringan

Olahraga yang efektif membantu melancarkan haid ketiga adalah jalan kaki ringan. Olahraga ini juga dapat membantu meringankan nyeri haid. 

Menurut sebuah penelitian, paru-paru bekerja lebih baik pada akhir periode haid, sehingga saat ini bisa menjadi waktu pilihan untuk melakukannya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Wanita Lebih Sulit Merasakan Orgasme

4. Latihan aerobik ringan

Olahraga yang efektif membantu melancarkan haid terakhir adalah latihan aerobik ringan. Ini adalah jenis latihan yang dapat membuat jantung Anda memacu lebih kuat. 

Beberapa jenis latihan aerobik ringan antara lain adalah joging, berenang dan bersepeda. Itulah manfaat dan jenis olahraga untuk melancarkan haid.

Berolahraga saat menstruasi sebaiknya pilih jenis latihan yang ringan. Hentikan latihan jika merasa letih atau muncul gejala lain yang mengganggu. 

Periksakan ke dokter jika haid tidak lancar berlangsung dalam waktu lama dan disertai gejala berat seperti nyeri tak tertahankan yang tidak membaik dengan perawatan mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER