Bugar

Sederet Obat Alami untuk Membantu Melancarkan Haid

Sederet Obat Alami untuk Membantu Melancarkan Haid

MOMSMONEY.ID - Untuk melancarkan haid yang tidak teratur, cara pengobatannya sangat bervariasi. Mulai dari yang alami seperti perubahan gaya hidup sampai obat dokter.

Siklus haid tidak teratur membuat sebagian wanita merasa khawatir. Agar haid bisa kembali lancar dan sesuai siklusnya, obat pelancar haid kerap digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Pilihan obatnya beragam, mulai dari obat medis hingga obat alami yang mudah ditemukan. Dilansir dari Women's Health, inilah obat alami untuk melancarkan haid, antara lain: 

Baca Juga: Cara Mengatasi Keputihan yang Mengganggu, Moms Wajib Tahu!

Kunyit 

Obat alami meredakan haid yang pertama adalah kunyit. Tidak hanya bermanfaat sebagai pereda rasa sakit saat haid, kunyit juga bisa digunakan sebagai obat pelancar haid.

Kunyit memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen, sehingga rempah-rempah berwarna kuning ini dipercaya bisa melancarkan haid dan mengatur siklusnya menjadi lebih teratur.

Kayu manis

Obat alami meredakan haid yang kedua adalah kayu manis. Rempah dengan aroma khas ini tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga sebagai obat pelancar haid.

Kayu manis bisa mengontrol kadar insulin dalam tubuh yang berdampak pada keseimbangan hormon lain, termasuk hormon menstruasi.

Baca Juga: Kenali Penyakit Kanker Serviks Sedari Dini

Pepaya

Obat alami meredakan haid yang ketiga adalah pepaya. Selain melancarkan pencernaan, pepaya juga bisa dijadikan pengobatan alami untuk melancarkan haid.

Buah ini mengandung karoten yang bisa meningkatkan produksi hormon estrogen dan melancarkan haid yang tidak teratur.

Obat-obatan alami di atas memang diketahui manfaatnya untuk melancarkan haid. Akan tetapi, khasiat tersebut masih memerlukan lebih banyak penelitian klinis untuk menentukan efektivitas, dosis yang tepat, dan kemanannya bagi penderita penyakit tertentu.

Jika Anda ingin rutin mengonsumsi obat pelancar haid alami yang berbentuk jamu atau suplemen, lebih baik konsultasikan ke dokter lebih dulu, terlebih bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan medis secara teratur. Jangan lupa untuk menerapa pola hidup sehat untuk menjaga siklus haid tetap teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News