HOME, Bugar

Sederet Mitos dan Fakta Hepatitis Misterius yang Perlu Anda Ketahui

Sederet Mitos dan Fakta Hepatitis Misterius yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Dunia kesehatan Indonesia kembali digemparkan dengan penyakit baru yang menyerang, yaitu hepatitis misterius.

Penyakit ini terbilang berbeda dengan jenis hepatitis lainnya karena belum diketahui penyebabnya. Maka dari itu, penyakit ini disebut juga dengan hepatitis misterius.

Karena lebih banyak menyerang anak-anak, orang tua perlu tahu tentang mitos dan fakta tentang penyakit ini agar tidak salah menerima informasi.

Hal ini yang membuat banyak orang sulit membedakan antara mitos dan fakta terkait dengan hepatitis misterius yang menyerang anak-anak ini.

Baca Juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Anak Mengalami Diare

Dilansir dari Web MD dan Kementrian Kesehatan RI, inilah beberapa mitos dan fakta hepatitis misterius yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Hepatitis misterius belum masuk Indonesia

Mitos: Ada beberapa orang yang mendapat berita jika penyakit ini belum memasuki Indonesia.

Fakta: Per tanggal 19 Mei 2022, ada 10 kasus yang tercatat dari penyakit yang menyerang anak-anak ini.

Sebaran dari 10 kasus tersebut adalah 4 kasus di DKI Jakarta, 1 kasus di Sumatera Barat, 1 kasus di Jambi, 2 kasus di Jawa Timur, 1 kasus di Bali, serta 1 kasus lainnya di Bangka Belitung.

2. Lebih sering menyerang anak-anak

Mitos: Mungkin Anda pernah mendapat berita jika penyakit ini lebih rentan terjadi pada anak-anak diatas 16 tahun. Kabar tersebut sebenarnya keliru. 

Fakta: Hepatitis misterius lebih rentan menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun. Bahkan, lebih banyak kasus terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Maka dari itu, penting bagi setiap orang tua untuk berhati-hati terhadap penyebaran penyakit ini. 

3. Hepatitis menyebabkan gangguan parah 

Mitos: Banyak orang yang mendengar jika bukan hanya hepatitis misterius yang dapat menyebabkan gangguan parah pada anak, tetapi juga jenis hepatitis lainnya.

Fakta: Kasus hepatitis berat yang terjadi seperti sekarang ini jarang terjadi pada anak-anak. Penyakit yang masih misterius ini memiliki perbedaan saat menyerang anak-anak.

Bahkan, jumlahnya sekarang ini lebih besar dibandingkan angka yang diperkirakan. Di beberapa negara, angka penularan hepatitis bahkan melonjak jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena hepatitis misterius ini.

Baca Juga: Kenali Gejala Penyakit Hepatitis Akut pada Anak dan Cara Mengobatinya

4. Belum ada pasien meninggal akibat hepatitis misterius

Mitos: Tidak adanya korban meninggal akibat penyakit hepatitis misterius.

Fakta: Per tanggal 2 Mei 2022, ada tiga orang anak yang diduga mengidap penyakit ini dan telah mendapatkan perawatan, tapi meninggal dunia sejak 30 April 2022. Ketiga kasus tersebut berasal dari wilayah Jakarta.

Dengan mengetahui berbagai mitos dan fakta serta cara pencegahannya, diharapkan risiko penularan hepatitis misterius di masyarakat dapat diredam.

Selain itu, diharapkan penyakit ini cepat ditemukan penyebabnya. Dengan begitu, tindakan pengobatan yang tepat bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News