Bugar

Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat semangka untuk kesehatan yang wajib diketahui. Selain manis dan menyegarkan, manfaat semangka bagi kesehatan tidak perlu diragukan.

Beragam kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mencegah penyakit jantung. 

Semangka merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dan menjadi favorit banyak orang.

Rasanya yang lezat dan kandungan air yang tinggi membuat semangka sering dikonsumsi untuk mengusir rasa haus di tengah cuaca panas. 

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi semangka.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah sederet manfaat semangka untuk kesehatan yang wajib diketahui, antara lain: 

Baca Juga: Manfaat Buah Pir, Ini 5 Buah yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

1. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat semangka untuk kesehatan yang pertama adalah memelihara kesehatan jantung tentunya jia dikonsumsi dengan tepat dan tidak berlebihan.

Kandungan antioksidan, vitamin, dan serat di dalam semangka bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan mencegah penyempitan pembuluh darah. 

Selain itu, semangka juga mengandung citrulline, salah satu jenis asam amino yang dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengendalikan kadar gula darah.

Oleh karena itu, semangka juga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi dan diabetes. 

Kombinasi manfaat tersebut membuat semangka baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke. 

2. Menyehatkan saluran cerna

Manfaat semangka untuk kesehatan yang kedua adalah menyehatkan saluran cerna. 

Berbagai jenis buah-buahan, termasuk semangka, merupakan sumber serat yang baik untuk saluran pencernaan.

Hal ini karena semangka merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, yaitu mencapai 92%. 

Kandungan air dan serat tersebut menjadikan semangka baik dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. 

3. Memelihara kesehatan sendi

Manfaat semangka untuk kesehatan yang ketiga adalah memelihara kesehatan sendi. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa beta-cryptoxanthin, salah satu jenis antioksidan di dalam semangka, dapat memelihara kesehatan sendi.

Bahkan, antioksidan ini juga diyakini dapat mencegah penyakit rheumatoid arthritis atau radang sendi. Akan tetapi, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium.

Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan konsumsi semangka untuk menjaga kesehatan sendi masih perlu diteliti lebih lanjut. 

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Buah yang Ampuh Meredakan Sakit Kepala

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat semangka untuk kesehatan yang keempat adalah menjaga kesehatan mata. Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan likopen.

Ketiga nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata serta mencegah risiko menurunnya kemampuan penglihatan karena faktor usia, seperti katarak dan degenerasi makula. 

5. Mencegah dehidrasi

Manfaat semangka untuk kesehatan yang kelima adalah mencegah dehidrasi. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, Anda perlu minum air sekitar 7–8 gelas setiap hari.

Selain dengan air putih, asupan cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi beragam makanan untuk mengatasi dehidrasi, tak terkecuali semangka. 

Untuk mendapatkan manfaat buah semangka secara maksimal, Anda perlu memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya.

Pilihlah semangka yang kondisinya masih baik dan tidak ada cacat pada kulit buahnya. Jangan lupa juga untuk mencuci semangka terlebih dahulu sebelum memotong dan mengonsumsinya.

Itulah sederet manfaat semangka untuk kesehatan yang wajib diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News