HOME, Keluarga

Sederet Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Berat Badan Jadi Lebih Mudah Turun

Sederet Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Berat Badan Jadi Lebih Mudah Turun

MOMSMONEY.ID - Tubuh manusia terdiri dari 70% air. Maka tidak heran jika konsumsi air yang cukup sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh yang normal dan kelancaran semua organ.

Selain minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari, kita juga disarankan untuk minum air putih sesaat setelah bangun tidur ketika perut masih benar-benar kosong. Minumlah segelas air putih hangat pada pagi hari usai bangun tidur dan hindari makan atau minum apapun setidaknya selama 45 menit setelahnya.

Tak hanya bermanfaat untuk membantu menyembuhkan tekanan darah, gastritis, sembelit, dan diabetes tanpa efek samping, rutinitas minum air putih saat perut kosong juga menyimpan beragam manfaat positif lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dilansir dari BeBeautiful, inilah 5 manfaat minum air putih saat perut kosong yang patut Anda pertimbangkan.

Baca Juga: Mengenal Layanan Food Market Hub untuk Bisnis

1. Meningkatkan metabolisme

Minum air putih saat perut masih kosong dapat membantu meningkatkan metabolisme hingga 25%. Dikutip dari Hello Sehat, metabolisme adalah proses pengolahan zat gizi dari makanan yang telah diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi.

Saat Anda minum air putih dalam kondisi perut kosong, proses pencernaan makanan akan menjadi lebih baik dan lebih cepat. Alhasil, kebiasaan ini akan mengurangi lemak tubuh sekaligus membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

2. Membersihkan kulit

Seperti kita tahu, minum air putih merupakan cara yang paling sederhana untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya. Plus, minum air putih dengan cukup akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Biasakanlah untuk minum air putih secara rutin termasuk saat perut masih kosong. Ini tidak hanya akan membantu Anda menghindari sensasi kembung, melainkan juga akan membersihkan kulit Anda dengan cara menjaga buang air besar tetap teratur.

3. Mendetoksifikasi tubuh

Selalu ingat untuk memulai hari Anda dengan segelas air putih hangat. Anda juga bisa menambahkan sari lemon ke dalamnya dan meminumnya saat perut masih kosong.

Kebiasaan ini merupakan cara yang bagus untuk mendetoksifikasi tubuh sekaligus memulai metabolisme Anda.

4. Meningkatkan energi

Minum air putih saat perut kosong akan mendorong Anda untuk bergerak lebih aktif.

Ketika perut yang masih kosong terisi air, itu akan meningkatkan sel darah merah. Artinya, akan ada lebih banyak oksigen yang mencapai sel dan memberikan Anda lebih banyak energi.

5. Membantu menurunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minum air putih saat perut kosong dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Saat Anda mengisi perut yang masih kosong dengan air, itu akan mempercepat metabolisme dan membantu membakar kalori dengan lebih cepat. Selain itu, tubuh akan menjadi jauh lebih bersih tatkala Anda minum lebih banyak air putih. Hal ini dikarenakan asupan air yang cukup akan membuat Anda lebih sering mengeluarkan urin sehingga tubuh akan membersihkan dan mendetoksifikasi dirinya sendiri dengan lebih sering pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News