Bugar

Sederet Manfaat Diet Buah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba

Sederet Manfaat Diet Buah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba

MOMSMONEY.ID - Manfaat diet buah memang cukup luar biasa, dan Anda perlu mengathauinya sebelum mencoba melakukan diet buah. 

Diet buah adalah salah satu jenis pola makan vegan, di mana bahan makanan yang disantap oleh penganutnya sebagian besar terdiri dari buah-buahan saja. 

Buah tersebut adalah alpukat, pir, pisang, juga apel. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah dengan kadar gula rendah, seperti stroberi, raspberry, blackberry, semangka, dan kiwi.   

Dirangkum dari Women Health, berikut adalah beberapa manfaat diet yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya, antara lain: 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Bisa Dicoba

Menambah asam folat untuk tubuh

Manfaat diet buah yang perlu Anda ketahui pertama adalah menambah asam folat untuk tubuh. Asam folat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses produksi sel darah merah. 

Nutrisi ini juga bisa didapatkan dengan menjalani diet buah, khususnya dari buah-buahan jenis jeruk dan mangga.   

Sumber antioksidan

Manfaat diet buah yang perlu Anda ketahui kedua adalah sebagai sumber antioksidan. Buah-buahan dapat menjadi sumber antioksidan. Antioksidan memiliki banyak fungsi. 

Mulai dari melindungi kesehatan kulit, menurunkan risiko penyakit kanker, hingga melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.  

Sebagai sumber serat

Manfaat diet buah yang perlu Anda ketahui ketiga adalah sebagai sumber serat. Buah adalah sumber serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan membantu  menurunkan kadar kolesterol dalam darah.   

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini 5 Cara Mengatasi Kolesterol

Sumber vitamin C

Manfaat diet buah yang perlu Anda ketahui keempat adalah sebagai sumber vitamin C. Buah umumnya mengandung vitamin C. 

Vitamin ini meningkatkan kemampuan imunitas tubuh serta menjaga kesehatan gigi dan gusi.Jenis buah yang tinggi kandungan vitamin C meliputi jeruk, stroberi, tomat, dan paprika merah.   

Sumber potasium atau kalium

Manfaat diet buah yang perlu Anda ketahui kelima adalah sumber potasium dan kalium. Banyak buah yang mengandung potasium. 

Zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tekanan darah tetap normal serta mengatur keseimbangan kadar cairan tubuh. Contoh buah ini antara lain pisang, jambu, mangga, dan blewah.  

Namun, sebelum memulai diet buah, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Dokter akan memberikan saran terkait jenis diet yang efektif dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. 

Itulah beberapa manfaat diet buah yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News