Bugar

Sederet Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Anak, Bisa Bantu Tumbuh Kembang Lebih Baik

Sederet Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Anak, Bisa Bantu Tumbuh Kembang Lebih Baik

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat blueberry untuk kesehatan anak yang bisa bantu tumbuh kembang lebih baik. 

Blueberry merupakan buah yang memiliki rasa asam dan agak manis. Buah ini dikenal sebagai superfood, buah rendah kalori, dan juga buah yang memberikan banyak manfaat. 

Orang tua juga disarankan untuk memberikan blueberry ketika anak berusia 1 tahun dan bisa digunakan sebagai tambahan MPASI. 

Jika Anda ingin memberikan blueberry lebih awal, yaitu pada usia 6- 8 bulan, Anda bisa menyajikannya dalam bentuk bubur atau sup kental. 

Beragam nutrisi penting yang terkandung di dalam buah blueberry membuat buah ini baik untuk mencegah berbagai penyakit dan memelihara kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Urat di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Dirangkum dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut ini adalah sederet manfaat blueberry untuk kesehatan anak yang bisa bantu tumbuh kembang lebih baik, antara lain: 

1. Membantu pertumbuhan tulang

Manfaat blueberry untuk kesehatan anak yang pertama adalah bisa membantu pertumbuhan tulangnya. Blueberry itu kaya akan kalsium, magnesium, dan vitamin K. 

Hebatnya, ketika tiga kandungan gizi ini berkombinasi, maka kombinasi ini akan bermanfaat sekali dalam perkembangan tulang anak. 

Terlebih vitamin K itu membantu perkembangan tulang dengan membantu sintesis properti yang disebut osteocalcin. 

2. Memelihara kesehatan mental dan otak

Manfaat blueberry untuk kesehatan anak yang kedua adalah memelihara kesehatan mental dan otak anak. 

Mengonsumsi blueberry secara rutin juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan otak serta menjaga daya ingat dan konsentrasi. 

Konsumsi buah blueberry secara rutin dan disertai pola hidup sehat dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan otak, seperti penyakit Parkinson, stroke, dan demensia. 

3. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat blueberry untuk kesehatan anak yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata. Blueberry kaya akan mineral yang baik untuk mata.

Sehingga dapat dipastikan bahwa mata si Kecil akan sembuh, pulih, dan juga rileks. Kandungan antosianin dalam blueberry membantu meningkatkan penglihatan. 

Satu studi menemukan bahwa asupan antosianin telah terbukti membantu meningkatkan penglihatan ketika malam dan penglihatan keseluruhan dengan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. 

4. Mengurangi risiko kanker

Manfaat blueberry untuk kesehatan anak yang keempat adalah mengurangi risiko kanker. 

Kandungan-kandungan nutrisi di dalam blueberry, terutama vitamin C dan antioksidan lainnya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Zat tersebut juga membantu memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker usus besar, dan kanker prostat. 

Baca Juga: Daftar Obat Radang Tenggorokan di Apotek Tanpa Resep Dokter

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat blueberry untuk kesehatan anak yang terakhir adalah meningkatkan kekebalan tubuh. 

Dilansir dari Molecular Nutrition and Food Research menemukan bahwa senyawa dalam blueberry (disebut pterostilbene), bersama dengan vitamin D, dapat meningkatkan gen dalam tubuh yang terkait dengan fungsi kekebalan tubuh anak.  

Namun, hal yang perlu Anda ingat, pastikan untuk selalu mencuci bersih blueberry sebelum Anda mengonsumsinya.

Hal ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari keracunan makanan atau infeksi bakteri akibat konsumsi blueberry yang masih kotor. 

Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh manfaat blueberry dan ingin menambahkan buah blueberry ke dalam menu makan sehari-hari, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jumlah yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News