HOME, Bugar

Sederet Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

Sederet Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

MOMSMONEY.ID - Ketika terserang suatu penyakit, selain meresepkan obat, dokter akan mewanti agar mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk menunjang kesembuhan, serta yang menjadi pantangan. 

Begitu pula bagi pengidap nyeri sendi dan otot. Selain pengobatan, ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, untuk mempercepat pemulihan atau sekadar mengurangi nyeri.  

Bukan hanya obat, ternyata diperlukan juga makanan jenis tertentu untuk meredam peradangan ini, dikutip dari Everyday Health.

Pada dasarnya, beberapa jenis makanan terbukti efektif menghambat proses peradangan, menguatkan tulang, serta menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. 

Baca Juga: Katarak Bisa Menyebabkan Kebutaan, Kenali Gejala dan Risikonya

Berikut beberapa makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot, antara lain:

1. Seafood

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot pertama adalah seafood. ,Seafood golongan krustasea seperti udang, lobster atau kepiting mengandung glukosamin di dalam cangkang dan buntutnya.

Menurut National Institutes of Health (NIH), glukosamin efektif untuk mengurangi nyeri, pembengkakan, dan kaku sendi. Kandungan glukosamin ini menjadikan seafood sebagai salah satu makanan untuk menguatkan sendi. 

2. Anggur

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot yang kedua adalah anggur. Kulit buah anggur mengandung antioksidan resveratrol yang dapat membantu menangkal radikal bebas.

Selain itu, anggur juga termasuk makanan yang baik untuk tulang dan sendi karena mampu mengurangi peradangan.  

Pada sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients, disebutkan bahwa pada 24 subjek peneliti yang diberikan ekstrak anggur (setara dengan 252 gr buah anggur) selama 3 minggu, mengalami penurunan kadar penanda radang di dalam darah.  

Baca Juga: Katarak Bisa Menyebabkan Kebutaan, Kenali Gejala dan Risikonya

3. Brokoli

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot yang ketiga dalah brokoli. 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Arthritis & Rheumatism, kandungan nutrisi dalam brokoli dapat membantu mengatasi peradangan sendi, seperti pada osteoartritis. 

Studi yang dilakukan pada hewan yang diberikan diet tinggi sulforafan (yang ada pada brokoli) berisiko rendah mengalami kerusakan tulang dan sendi.

Sulforafan diduga menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.  

4. Kacang kedelai dan olahannya

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot adalah kacang kedelai dan olahannya. Kacang kedelai juga merupakan zat yang meningkatkan kekuatan antiradang, rendah lemak, serta tinggi protein dan serat.  

Manfaat baik dari kacang kedelai juga bisa didapatkan dari produk-produk olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Agar lebih sehat lagi, olah kedelai, tahu, ataupun tempe dengan cara direbus atau dipanggang.
 
5. Teh hijau

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot adalah teh hijau. Antioksidan polifenol yang terkandung di dalam teh hijau diyakini dapat mengurangi peradangan sendi dan memperlambat kerusakan tulang rawan. 

Selain itu, antioksidan EGCG (epigallocatechin-3-gallate) juga dapat menghambat produksi molekul penyebab kerusakan sendi pada kasus rheumatoid arthritis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News