Bugar

Sederet Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Mata

Sederet Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Mata

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui, dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting dilakukan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mata selalu sehat.

Salah satunya, dengan mengonsumsi makanan tertentu. Selama ini, ada jenis makanan yang dikenal baik untuk kesehatan mata, yaitu wortel. 

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. 

Selain itu, menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E, zinc, lutein, dan asam lemak omega-3. 

Rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tersebut bisa meminimalkan risiko penurunan kemampuan penglihatan.  

Mengutip dari Mayo Clinic, inilah sederet makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: Moms, Ini Sederet Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

1. Labu kuning 

Labu Kuning

Makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata pertama adalah labu kuning. Jenis buah dan sayur yang berwarna kuning dan oranye memiliki banyak kandungan beta karoten. 

Beta karoten nantinya akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya mencegah rabun senja.  

2. Sayuran hijau 

Sayuran berdaun hijau

Makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata kedua adalah sayuran hijau. 

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis, memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin sebagai antioksidan. 

Kedua kandungan itu disebut mampu menurunkan risiko katarak dan penurunan fungsi mata serta bisa meningkatkan kesehatan mata. 

Selain itu, antioksidan juga bisa membantu melindungi mata dari hal yang berbahaya, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, dan asap rokok. 

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Olahraga yang Tidak Perlu Dipercaya

3. Ikan laut 

Ikan Segar

Makanan untuk kesehatan mata selanjutnya adalah ikan laut. Menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi ikan laut, seperti ikan tuna, salmon, dan sarden. 

Jenis makanan ini banyak mengandung asam lemak jenis DHA yang disebut bisa membantu mencegah terjadinya sindrom mata kering. 

Selain itu, asam lemak pada ikan juga bisa melindungi mata dari peradangan dan membantu kinerja mata. 

4. Buah-buahan

Buah-buahan

Makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata keempat adalah buah-buahan. mengonsumsi buah bisa membantu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.  

Konsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti jeruk, stroberi dan berbagai jenis buah beri juga bisa membantu menjaga kesehatan mata.  

Baca Juga: Ketiak Hitam Mengganggu? Ini Cara Alami Menghilangkan dengan Mudah

5. Ubi 

Ubi jalar

Makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata terakhir adalah ubi. Selain labu kuning, konsumsi ubi juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. 

Anda bisa menambahkan ubi dalam menu makan harian atau menjadikan ubi panggang sebagai camilan.  

Selain mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana, seperti mengenakan kacamata saat keluar rumah. 

Selain itu, disarankan untuk berhenti merokok dan batasi waktu menatap layar komputer atau gadget. Hal ini bisa membantu menjaga daya penglihatan tetap optimal.  

Itulah sederet makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News