Bugar

Sederet Cara Efektif Mengatasi Mata Merah

Sederet Cara Efektif Mengatasi Mata Merah

MOMSMONEY.ID - Mata merah merupakan kondisi yang umum terjadi dan cukup mengganggu aktivitas setiap hari. 

Namun, ada beberapa cara mengatasi mata merah yang Anda dapat coba lakukan, mulai dari cara alami hingga penggunaan obat-obatan.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mencoba berbagai cara untuk mengatasi keluhan mata merah yang dialaminya.

Baca Juga: 5 Cara Aman Mengatasi Mata Bengkak

Dilansir dari National Health Service UK dan WebMD inilah beberapa cara efektif mengatasi mata merah, antara lain: 

Kompres air dingin

Cara efektif mengatasi mata merah yang pertama adalah kompres air dingin. Kompres dingin pada mata biasanya lebih efektif untuk mengatasi mata merah yang bengkak dan gatal karena iritasi atau alergi.

Kompres air hangat

Cara efektif mengatasi mata merah yang kedua adalah kompres air hangat. Basahi handuk dengan air hangat, lalu peras.

Letakkan kompres hangat tersebut pada mata yang merah selama 10–15 menit. Cara ini dapat meningkatkan aliran darah di sekitar mata dan mengatasi iritasi pada mata, sehingga kondisi mata merah bisa mereda.

Teteskan air mata buatan (artificial tears)

Cara efektif mengatasi mata merah yang ketiga teteskan air mata buatan. Penggunaan air mata buatan bermanfaat untuk melumasi dan membersihkan mata.

Mata merah yang timbul karena penggunaan lensa kontak yang terlalu lama atau sindrom mata kering juga akan terasa lebih nyaman dan sejuk jika diobati dengan air mata buatan. 

Baca Juga: Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga

Mengompres mata dengan air atau kantung teh

Kompres dapat meredakan kemerahan dan rasa tidak nyaman pada mata Anda. Anda hanya perlu membasahi kain katun lembut yang bersih dengan air hangat atau air dingin.

Peras kain tersebut hingga tidak ada lagi air yang menetes. Kemudian, tempelkan pada kelopak mata Anda selama beberapa menit.

Selain air biasa, Anda juga bisa memakai kantung teh untuk mengompres mata Anda. Teh adalah bahan yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mata merah.

Akan tetapi, jika kondisi mata merah yang Anda alami tidak kunjung membaik dalam waktu 1 minggu atau jika mata merah muncul disertai dengan keluhan lain sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News