HOME, Keluarga

Sedang Tren, Ini 5 Tanaman Hias Daun yang Paling Banyak Diminati

Sedang Tren, Ini 5 Tanaman Hias Daun yang Paling Banyak Diminati

MOMSMONEY.ID - Tren tanaman hias daun semakin populer. Sebab, tanaman hias daun tak hanya diminati karena keindahannya saja, tetapi juga manfaatnya.

Tanaman hias daun memiliki manfaat membersihkan udara dan menghalangi debu-debu dari jalanan yang masuk ke rumah.

Beberapa jenis tanaman hias daun bahkan mengalami kelangkaan karena banyaknya permintaan dari masyarakat, contohnya tanaman hias daun monstera.

Jika Anda baru saja membangkitkan minat terhadap tanaman hias ini, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis tanaman hias daun yang paling banyak diminati supaya tak ketinggalan. Nah, ini dia 5 di antaranya.  

Baca Juga: Ini Jenis-Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam di Tanah Masam

Monstera

Daun janda bolong atau monstera adalah salah satu tanaman viral yang banyak dicari. Harga untuk satu potnya bahkan bisa mencapai puluhan juta. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan berlubang dengan alami. Sangat unik dan menyegarkan mata.

Daun janda bolong bermanfaat memperbaiki sirkulasi udara. Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat racun yang menyebar melalui udara.

Karena bentuknya yang lebar, Anda perlu menyediakan ruang yang cukup agar daun tetap bisa mengembang. Tanaman ini perlu disiram dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Tanaman daun janda bolong ini juga dapat hidup di media air (hidroponik). 

Philodendron

Philodendron merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati karena keindahan daunnya. Tanaman hias ini memiliki banyak ragam yang dapat diletakkan di indoor maupun outdoor. Beberapa spesiesnya tumbuh dengan merambat da nada yang tumbuh di semak-semak.

Karena tanaman ini bisa tumbuh di mana saja dengan berbagai kondisi lingkungan, tanaman ini dianggap cukup mudah dirawat.

Anthurium

Anthurium atau biasa disebut juga dengan tanaman kuping gajah adalah tanaman hias berdaun lebar. Daunnya merupakan bagian yang membuat tanaman jenis ini banyak diminati. Daun tanaman ini memiliki warna hijau pekat dan beberapa jenis lainnya memiliki corak beragam.

Tanaman kuping gajah ini banyak ditemukan di masa saja dan tidak membutuhkan perawatan yang ekstra untuk tumbuh. Mereka dapat tumbuh di tanah lembab yang sering tersiram air hujan.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengecek Kondisi Tanaman Hari Ini? Nah, Begini Caranya!

Keladi

Keladi banyak diminati karena keunikan yang terletak di daunnya. Dilansir dari Thespruce.com, mereka memiliki daun besar berbentuk panah yang memiliki kombinasi mencolok antara hijau, merah, merah muda, dan putih. Anda dapat meletakkannya di luar ruangan saat musim panas dan membawanya ke dalam rumah saat musim dingin. Harga tanaman keladi cukup bervariasi dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Tanaman keladi memiliki kandungan ribosome inactivating protein atau RIP yang dipercaya mampu melawan tumor atau sel kanker. Selain itu, dia juga bermanfaat untuk mengatasi stres. Perawatan tanaman ini relatif mudah dan mampu tumbuh dicuaca yang panas.

Kadaka

Kadaka atau biasa disebut juga tanaman daun paku sarang burung merupakan tanaman hias indoor yang cocok diletakkan di kamar mandi karena tanaman ini membutuhkan tempat yang lembap agar tumbuh subur.

Sama seperti tanaman lainnya, daun paku sarang burung juga dapat membantu sirkulasi udara dan menyerap zat racun seperti formaldehide, xylene, dan toluene.

Tanaman ini dulunya tidak dianggap berharga karena kerap dianggap sebagai hama, tetapi sekarang banyak diminati karena tampilannya yang unik. Jenis yang populer meliputi kadaka keriting, kadaka Osaka, dan kadaka ular. Harganya cukup bervariasi di sekitar ratusan ribu rupiah.

Selanjutnya: Tertarik Tanaman Hias Merambat? Ini Rekomendasi Jenisnya untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News