Keluarga

Sedang Tidak Bahagia? Ini 6 Kebiasaan Sederhana untuk Menjadi Lebih Bahagia

Sedang Tidak Bahagia? Ini 6 Kebiasaan Sederhana untuk Menjadi Lebih Bahagia

MOMSMONEY.ID - Sederhana, terapkan sejumlah kebiasaan ini untuk menjadi lebih bahagia.

Standar kebahagiaan masing-masing orang memang tidak bisa disamakan. Oleh sebab itu, tidak heran jika tetap ada orang yang merasa tidak bahagia sementara yang lainnya bahagia.

Walaupun faktor penyebab kebahagiaan pada setiap orang tidak bisa disamakan, namun ada sebuah strategi yang dapat mendorong siapa pun untuk lebih dekat dengan kebahagiaan.

Studi menunjukkan, seseorang yang terlibat dalam perilaku stabil dari orang-orang yang bahagia, maka ia akan cenderung lebih bahagia.

Lalu, apa sajakah kebiasaan yang selalu dilakukan oleh orang-orang yang tergolong bahagia?

Menurut Sonja Lyubomirsky, PhD, profesor psikologi di University of California, inilah 6 kebiasaan sederhana dari orang-orang bahagia yang bisa Anda ikuti untuk menjadi lebih bahagia:

Baca Juga: 6 Kegiatan Sederhana untuk Membantu Meningkatkan Hormon Cinta

1. Pelihara hubungan

Persahabatan dan hubungan keluarga tidak hanya mampu membuat siapa pun merasa lebih bahagia, namun data juga menunjukkan bahwa suatu hubungan yang kuat dan suportif juga bisa membantu seseorang untuk hidup lebih lama.

Untuk menuju kebahagiaan, strategi yang terbukti efektif untuk membantu mewujudkannya yaitu dengan menyediakan waktu untuk orang yang Anda cintai atau orang yang ingin Anda kenal lebih baik.

Kemudian, berbagi kesenangan saat melihat kesuksesan orang lain, menunjukkan penghargaan untuk orang-orang dalam hidup Anda, dan melakukan sesuatu setiap minggu untuk mendukung atau memajukan impian orang lain.

2. Jadilah aktif secara fisik

Menjadi aktif secara fisik dengan rajin berolahraga dapat mendorong Anda untuk lebih bahagia. Olahraga adalah metode yang telah terbukti mampu mencegah atau mengelola emosi negatif.

Anda bisa melangkah lebih jauh menuju kebahagiaan jika Anda berolahraga secara berkelompok, karena Anda bisa sekaligus membangun hubungan dengan orang lain.

Olahraga sangat dianjurkan untuk tetap Anda lakukan bahkan ketika Anda mulai merasa lebih baik tentang kehidupan dan tubuh Anda. Jadi, berkomitmenlah dengan diri sendiri untuk berolahraga secara teratur dan menaatinya.

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Ini 4 Pembakar Lemak Tubuh Alami yang Layak Dicoba

3. Ucapkan terima kasih

Berterimakasih adalah penangkal yang bagus untuk kemarahan dan kepahitan.

Saat mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus untuk seseorang di dalam kehidupan melalui tulisan, Anda pun akan cenderung lebih bahagia meskipun tidak dapat benar-benar mengirim atau membagikan tulisan tersebut.

Selain itu, berterimakasih atas segala hadiah kecil maupun besar (apapun wujudnya) yang telah Anda terima dalam kehidupan juga dapat mendorong Anda untuk lebih dekat dengan kebahagiaan, lo, Moms.

Maka dari itu, cobalah untuk menuliskan tiga hingga lima hal yang begitu Anda syukuri setiap hari atau setiap minggu di buku catatan.

4. Tawarkan bantuan kepada orang lain

Orang-orang yang suka mengulurkan tangannya untuk membantu orang lain sering kali berakhir menjadi orang yang bahagia. Faktanya, kegiatan membantu orang lain mampu membuat seseorang merasa lebih baik tentang dirinya sendiri.

Tak sekadar itu, membantu orang lain juga dapat memperkuat jaringan sosial dan memberikan alasan bagi orang-orang untuk menyukai Anda.

Kendati begitu, pastikan untuk menemukan cara membantu yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup secara keseluruhan, supaya Anda bisa menjadikan kegiatan membantu orang lain sebagai kebiasaan yang teratur.

Baca Juga: Cara Download Video Viral di Twitter dengan Mudah, Ikuti Tips Berikut

5. Memaafkan

Meski cenderung sulit dan sangatlah personal, namun orang-orang yang bisa memaafkan umumnya memiliki harga diri yang lebih tinggi dan diselimuti lebih banyak kegembiraan dalam hidup mereka.

Jika memaafkan seseorang secara langsung terasa sulit dan tidak mungkin, maka Anda tetap bisa mempraktikkan penerimaan maaf dengan cara menulis surat bahkan jika Anda tidak mengirimkannya.

Intinya, usahakanlah untuk bisa memaafkan apapun meskipun tanpa diminta. Dengan begini, hidup Anda akan dilimpahi dengan ketenangan dan itu sangatlah membahagiakan.

6. Jadikan praktik spiritual sebagai kebiasaan

Menjadi religius dan membiasakan diri untuk melakukan praktik spiritual dapat membantu Anda untuk melewati masa-masa sulit, memberi makna pada hari-hari baik maupun buruk dalam hidup, serta membantu Anda untuk melihat jalan menuju kebahagiaan dengan lebih jelas.

Jika dapat bergabung dengan kelompok spiritual yang memiliki keyakinan yang sama, Anda pun akan menuai manfaat dari hubungan sosial dan mengalami kebahagiaan yang lebih besar dalam hidup.

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk rajin berdoa atau melakukan meditasi secara teratur dengan berfokus melihat spiritual kehidupan sehari-hari sebagai cara untuk menjadi sosok yang lebih religius.

Itulah 6 kebiasaan sederhana untuk menjadi lebih bahagia. Jangan lupa diterapkan, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News