Keluarga

Sedang Tak Enak Badan? Ini 6 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Sakit

Sedang Tak Enak Badan? Ini 6 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Sakit

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit di sini.

Mengonsumsi makanan yang tepat tatkala sakit tidak hanya akan memberikan Anda energi. Ini juga dapat membantu Anda merasa lebih baik, sembuh lebih cepat, dan tetap terhidrasi saat pulih.

Saat Anda sedang tidak enak badan, ada beberapa makanan yang patut Anda konsumsi jika ingin pulih lebih cepat.

Sebagaimana dilansir dari Healthline, berikut 6 makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga: 5 Cara Detox Pikiran Agar Stres Tidak Makin Menjadi, Mudah Kok

1. Sup ayam

Makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit yang pertama adalah sup ayam.

Sup ayam adalah sumber vitamin, mineral, kalori, dan protein yang mungkin dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar saat Anda sedang dalam masa pemulihan dari suatu penyakit.

Sup ayam juga kaya akan cairan dan elektrolit yang berguna jika Anda berisiko mengalami dehidrasi akibat diare, muntah, berkeringat, atau demam. Adapun daging ayam dalam sup ayam mengandung asam amino sistein yang mampu memecah lendir dan memiliki efek antivirus, anti-inflamasi, serta antioksidan.

2. Bawang putih

Makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit yang kedua adalah bawang putih.

Bawang putih menyimpan banyak manfaat kesehatan dan telah digunakan dalam pengobatan herbal selama berabad-abad. Penelitian pada tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Menurut sebuah penelitian tahun 2016, suplemen ekstrak bawang putih tua dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta mengurangi keparahan pilek dan flu. Dengan menambahkan bawang putih ke dalam makanan saat Anda sakit, itu dapat menambah rasa sekaligus membuat makanan Anda lebih efektif dalam melawan gejala pilek atau flu.

3. Makanan pedas

Makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit yang ketiga adalah makanan pedas.

Makanan pedas seperti cabai mengandung capsaicin yang menimbulkan sensasi panas dan perih saat disentuh. Dalam konsentrasi yang cukup tinggi, capsaicin dapat memberikan efek desensitisasi. Gel dan koyo pereda nyeri sering kali mengandung capsaicin.

Banyak orang melaporkan bahwa makan makanan pedas menyebabkan pilek, memecah lendir, dan membersihkan saluran sinus. Meskipun hanya sedikit penelitian yang menguji efek ini, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa semprotan capsaicin pada hidung dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan gatal-gatal.

Kendati demikian, sebaiknya hindari makanan pedas jika Anda terlanjur sakit perut. Studi menunjukkan bahwa makanan pedas dapat menyebabkan kembung, nyeri, dan mual pada beberapa orang.

Baca Juga: Kejam, 4 Dokumenter True Crime Ini Bertema Tentang Pembunuhan Keluarga

4. Pisang

Makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit yang keempat adalah pisang.

Pisang adalah makanan yang tergolong enak untuk dikonsumsi saat sakit. Selain enak, pisang juga kaya nutrisi dan karbohidrat yang bekerja cepat. Adapun kalium dalam pisang dapat membantu mengisi kembali simpanan elektrolit, karena kalium adalah salah satu elektrolit utama yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berkat serat larut yang terkandung di dalamnya, pisang dapat membantu meredakan diare dengan mengurangi jumlah air bebas di saluran pencernaan Anda.

5. Yogurt

Makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit yang kelima adalah yogurt.

Yogurt mengandung probiotik bermanfaat, yaitu strain bakteri yang dapat berkoloni di usus dan memberikan manfaat kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa produk susu probiotik seperti yogurt dapat membantu anak-anak dan orang dewasa lebih jarang terkena flu, lebih cepat sembuh saat sakit, dan mengonsumsi lebih sedikit antibiotik.

Namun, beberapa orang melaporkan bahwa asupan produk susu cenderung mengentalkan sekresi lendir mereka, yang dapat bertambah parah saat sakit. Jadi, jika yogurt justru memperparah kondisi hidung tersumbat, Anda dapat mempertimbangkan makanan probiotik lain seperti kombucha atau suplemen probiotik.

6. Ikan salmon

Makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit yang keenam adalah ikan salmon.

Ikan salmon adalah salah satu sumber protein terbaik untuk dimakan saat Anda sakit. Lembut dan mudah dimakan, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat serta dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

Plus, ikan salmon merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin D. Vitamin D sendiri memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

Itulah 6 makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit. Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, Anda juga harus menghindari makanan yang memperburuk gejala. Dalam banyak kasus, ini termasuk makanan tinggi lemak atau gula.

Hindari juga makanan olahan atau cepat saji saat sakit, karena makanan ini mengandung lebih sedikit nutrisi dan tentunya tidak akan memberikan banyak manfaat. Terakhir, hindari alkohol karena dapat membuat Anda dehidrasi dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News