HOME, Santai

Sedang Program Hamil? Jauhi Makanan Ini Agar Cepat Hamil

Sedang Program Hamil? Jauhi Makanan Ini Agar Cepat Hamil

MOMSMONEY.ID - Menantikan kehamilan dan kedatangan buah hati tentunya menjadi hal yang didambakan pasangan yang baru menikah. Tak jarang beberapa pasangan bahkan melakukan prohgram hamil untuk mendapatkan keturunan.

Apalagi bagi perempuan, tak jarang banyak perempuan yang memulai program hamil agar bisa memiliki momongan. Segudang larangan dan anjuran juga kerap dilakukan untuk keberhasilan program hamilnya.

Untuk membuat program hamil lebih cepat berhasil, ada baiknya untuk menghindari sejumlah makanan dan minuman berikut ini.

Baca Juga: Ibu Hamil Obesitas Bisa Terapkan Tips Diet Sehat Ini

Makanan mentah

Bisa berupa daging maupun ikan mentah yang umum dimakan dalam hidangan masa kini. Makanan mentah bisa membawa resiko penyakit toxoplasmosis dan listeriosis yang bisa membahayakan proses reproduksi dan janin.

Selain itu makanan mentah juga memiliki resiko terjangkit banyak bakteri seperti salmonella. Bakteri ini bisa mengancam alat reproduksi jika tumbuh dan berkembang disana.

Kopi

Bagi Anda wanita yang tidak bisa hidup tanpa kopi, Anda harus menahan keinginan minum kopi ketika sedang merencanakan program hamil. Kopi mengandung kafein yang bisa mempengaruhi kesuburan rahim.

Transportasi sel telur dari ovarium ke rahim pun juga dapat terganggu karena kafein yang terdapat pada kopi. Cobalah untuk mengganti dengan minuman lain seperti teh atau matcha.

Minuman beralkohol

Minuman ataupun makanan yang mengandung alcohol bisa menghambat pertumbuhan atau produksi hormone testoren dan esterogen. 

Baca Juga: Bahaya Mengonsumsi Alkohol untuk Ibu Hamil

Selain itu Anda yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol juga harus segera berhenti ketika sudah merencanakan kehamilan. Karena alcohol bisa membahayakan bayi walaupun hanya dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit.

Produk tanpa pasteurisasi

Susu dan keju yang diproduksi mentah atau tanpa pasteurisasi dapat menghambat program hamil Anda. Bakteri pada susu dan produk dairy lainnya masih hidup jika tanpa melalui proses pasteurisasi.

Termasuk bakteri listeria, bakteri yang mampu masuk ke daerah rahim dan mempengaruhi kesuburan wanita. Selain itu, bakteri ini juga mampu mengancam kesehatan rahim dan bayi di dalamnya.

Makanan cepat saji

Fast food juga adalah makanan yang wajib Anda hindari jika sedang dalam masa program hamil. Makanan cepat saji mengandung banyak zat-zat yang bisa mengganggu kesehatan seseorang dalam jangka waktu panjang.

Bagi program hamil sendiri, makanan cepat saji bisa berbahaya bagi kesehatan rahim. Makanan cepat saji memiliki kandungan gula yang banyak sehingga bisa menimbulkan dampak bagi hormon testoteron. Jika hormon ini meningkat, maka keseimbangan hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan mempengaruhi proses ovulasi.

Selanjutnya: Kenali Fungsi Rambut Kemaluan Sebelum Mencukurnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News