HOME, Santai

Sedang Menstruasi Apakah Boleh Donor Darah?

Sedang Menstruasi Apakah Boleh Donor Darah?

MOMSMONEY.ID - Donor darah merupakan kegiatan yang ingin dilakukan oleh kebanyakan orang. Kegiatan ini memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh pendonornya.

Namun seringkali wanita sering merasa terhalangi saat ingin mendonorkan darah karena sedang menstruasi. Faktanya melansir dari laman Life Blood, menstruasi sama sekali tidak menghalangi proses donor darah. 

Para wanita akan tetap bisa mendonorkan darahnya walaupun sedang dalam masa menstruasi. Jika kadar haemoglobin dalam tubuh dalam kondisi yang layak maka proses donor darah tetap dapat dilakukan.

Baca Juga: Sedang Menstruasi? Hindari Makanan dan Minuman Ini Dulu Yuk

Tentu saja proses pengecekan di awal sebelum dilakukannya proses donor darah juga harus dilakukan terlebih dahulu. Yang perlu dicek selain kadar haemoglobin adalah berat badan, umur, suhu tubuh, dan riwayat penyakit tertentu.

Jika tak ada halangan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka proses donor darah dapat dilakukan. Yang perlu diingat kembali adalah sebaiknya tidak melakukan proses donor darah di saat hari-hari awal menstruasi.

Karena proses donor darah akan mempengaruhi pengurangan jumlah iron dan haemoglobin dalam tubuh. Sehingga saat proses menstruasi sedang banyak-banyaknya akan membuat tubuh merasa tidak nyaman saat melakukan proses donor darah. Terutama karena berkurangnya iron dan haemoglobin dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Menghitung Siklus Menstruasi dan Masa Subur yang tepat

Bagi yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur pun juga masih dapat memiliki kesempatan untuk mendonorkan darahnya. Hanya perlu memastikan bahwa Anda sedang tidak dalam masa kehamilan saat melakukan proses donor darah.

Setelah melakukan proses donor darah sebaiknya gunakan waktu untuk istirahat. Banyaklah mengkonsumsi cairan yang bisa menambah kadar iron dalam tubuh. Serta jangan lupakan untuk makan setelah melakukan proses donor darah.

Jika setelah melakukan proses donor darah Anda mulai menyadari adanya efek samping maka sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Sedang Mood Tertawa? Yuk, Tonton Film Komedi Lucu Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News