HOME, Keluarga

Sedang Mengalami Stres? 4 Teknik Relaksasi Ini Bisa Anda Coba untuk Mengurangi Stres

Sedang Mengalami Stres? 4 Teknik Relaksasi Ini Bisa Anda Coba untuk Mengurangi Stres

MOMSMONEY.ID - Agaknya, stres memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari sebagian besar orang. Kendati semua sumber stres tidak dapat dihindari, namun kita tetap dapat mengembangkan cara-cara yang sehat untuk meresponsnya. Adapun salah satu caranya yaitu dengan menerapkan respons relaksasi melalui teknik-teknik yang telah dikembangkan sejak tahun 1970-an oleh seorang ahli jantung bernama Dr. Herbert Benson.

Melansir Harvard Health Publishing, ada beberapa teknik relaksasi yang dapat Anda praktikkan untuk membantu membangkitkan respons relaksasi sekaligus mengurangi stres.

Apa sajakah itu? Berikut 4 di antaranya yang patut Anda coba.

Baca Juga: Ini Manfaat Garam Epsom untuk Tanaman

1. Breath focus

Dalam teknik relaksasi breath focus, Anda diharuskan untuk mengambil napas panjang, lambat, dan dalam atau disebut juga dengan pernapasan perut. Saat bernapas, Anda akan melepaskan pikiran dan sensasi yang mengganggu secara lembut.

Cocok bagi orang-orang yang memiliki gangguan makan, breath focus akan membantu siapa pun yang mempraktikkannya untuk fokus pada tubuh dengan cara yang lebih positif. Namun, ingat-ingat bahwa teknik relaksasi ini mungkin saja tidak cocok untuk orang-orang yang memiliki masalah kesehatan berupa penyakit pernapasan atau gagal jantung.

2. Body scan

Teknik relaksasi body scan memadukan breath focus dengan relaksasi otot progresif. Setelah beberapa menit menarik napas dalam-dalam, Anda diharuskan untuk fokus pada satu bagian tubuh atau sekelompok otot dalam satu waktu dan secara mental melepaskan ketegangan fisik yang Anda rasakan.

Dengan mempraktikkan body scan, itu dapat membantu meningkatkan kesadaran Anda tentang hubungan antara pikiran dan tubuh. Di sisi lain, teknik body scan mungkin kurang membantu jika Anda baru saja mengalami operasi yang memengaruhi citra tubuh.

3. Mindfulness meditation

Teknik ini mengarahkan Anda untuk duduk nyaman, memusatkan perhatian pada pernapasan, dan memfokuskan pikiran pada saat ini tanpa terhanyut dalam kekhawatiran tentang masa lalu atau masa depan.

Memiliki popularitas yang cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir, mindfulness meditation mungkin bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki rasa sakit, kecemasan, dan depresi.

4. Yoga, tai chi, dan qigong

Ketiga seni kuno ini menggabungkan pernapasan yang berirama dengan serangkaian postur atau gerakan mengalir. Adapun aspek fisik dari latihan ini menawarkan fokus mental yang dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari pikiran yang berkecamuk. Selain itu, yoga-tai chi-qigong juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan Anda.

Apabila Anda bukan termasuk orang yang aktif, memiliki masalah kesehatan, atau memiliki kondisi yang menyakitkan dan melumpuhkan, teknik relaksasi yang satu ini mungkin akan terlalu menantang. Jadi, berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum memulai yoga-tai chi-qigong.

Itulah 4 teknik relaksasi yang bisa Anda coba untuk membantu mengurangi stres. Setelah menentukan teknik relaksasi mana yang sesuai dengan kemampuan Anda, cobalah untuk mempraktikkannya setidaknya 20 menit sehari. Ingat, semakin lama dan semakin sering Anda mempraktikkannya, maka semakin besar pula manfaat yang akan Anda rasakan dan stres yang Anda alami pun akan semakin berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News