Keluarga

Sedang Insecure? Ini 4 Cara yang Bisa Membantu Mengatasi Insecure

Sedang Insecure? Ini 4 Cara yang Bisa Membantu Mengatasi Insecure

MOMSMONEY.ID - Insecure atau ketidakamanan merupakan perasaan tidak mampu dan ketidakmampuan untuk mengatasinya, menurut American Psychological Association. Orang-orang yang merasa insecure cenderung kurang percaya diri dan memiliki kecemasan tentang tujuan, hubungan, kemampuan, atau kondisi fisik mereka.

Lama-kelamaan, perasaan insecure yang terus dibiarkan berkembang akan mengisi pikiran dengan keraguan diri yang dapat menimbulkan pemikiran atau pandangan negatif tentang kehidupan.

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa melatarbelakangi seseorang merasa insecure. Berikut beberapa di antaranya:

  • Memiliki satu atau lebih pengalaman dan peristiwa yang traumatik
  • Kurangnya dukungan di lingkungan keluarga
  • Memiliki gangguan kecemasan atau depresi
  • Bekerja di kantor yang tidak mempromosikan keamanan psikologis
  • Menyerap pesan sosial tentang bagaimana harus bertindak atau berpenampilan
  • Memiliki gejala kecemasan sosial
  • Memiliki gangguan kepribadian cluster C
  • Menjalin hubungan dengan pasangan yang kasar atau suka mengendalikan

Bagi Anda yang sedang merasa insecure, inilah 4 cara yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi insecure sebagaimana dilansir dari PsychCentral.

Baca Juga: 7 Tips untuk Mengajarkan Anak Tentang Manajemen Waktu. Yuk, Praktikkan!

1. Terima diri Anda apa adanya

Untuk menemukan ketenangan pikiran dan merasa baik-baik saja dengan rasa insecure Anda, cobalah untuk menerima apa yang tidak dapat diubah dalam diri Anda.

Ingatlah bahwa kebanyakan orang akan lebih memerhatikan kebaikan batin Anda alih-alih penampilan fisik semata. Jadi, percayalah bahwa Anda berharga dan memiliki kualitas diri yang mumpuni terlepas bagaimana fisik Anda. Jangan takut juga untuk mengambil risiko dan mencoba hal baru selagi itu bermanfaat serta bisa meningkatkan nilai diri Anda.

2. Bersikap baik pada diri sendiri

Ketika rasa insecure melanda, akan sangat mudah bagi Anda untuk terlibat dalam self-talk negatif yang dapat berdampak pada kesehatan mental Anda. Alih-alih begitu, berusahalah untuk bersikap baik pada diri Anda sendiri dan biarkan kekuatan batin Anda keluar secara perlahan.

Lebih banyaklah memuji diri sendiri untuk setiap upaya positif yang telah Anda lakukan. Cobalah untuk menantang self-talk negatif dengan melihat fakta dan mempertanyakan apakah yang Anda katakan pada diri sendiri itu benar atau tidak.

3. Jaga kesehatan fisik Anda

Menjaga kesehatan fisik dapat membantu meningkatkan cara Anda dalam melihat diri sendiri. Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur dikaitkan dengan peningkatan harga diri (self-esteem).

Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk memperbanyak aktivitas fisik meski sekadar berjalan-jalan atau menari guna membantu meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri Anda.

Jangan lupa juga untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan makan makanan bergizi seimbang. Jika dilakukan secara konsisten, tindakan self-care ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan sehari-hari Anda sekaligus meningkatkan rasa aman (secure).

4. Pertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan sosial

Semakin mahir keterampilan Anda dalam bersosialisasi, maka semakin besar pula kemungkinan bagi Anda untuk merasa aman dengan diri sendiri saat berada di sekitar orang lain.

Apabila Anda ingin terhindar dari perasaan insecure, pertimbangkanlah untuk mengembangkan keterampilan sosial seperti melakukan kontak mata maupun komunikasi verbal. Ketika berada di sekitar orang lain, biasakan juga untuk memerhatikan bahasa tubuh Anda dan membawa sikap yang positif dalam interaksi sosial.

Jika Anda merasa kesulitan untuk merasa lebih percaya diri dan nyaman berada di dalam situasi sosial, pastikan untuk berlatih keterampilan-keterampilan di atas secara konsisten. Selalu ingat juga untuk senantiasa bersabar dan berbelas kasih kepada diri sendiri saat upaya Anda untuk terbebas dari perasaan insecure tidak juga menampakkan hasil. Intinya, jangan mudah menyerah karena hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News