HOME, Keluarga

Sedang Cari Cara Mengusir Tikus di Rumah? Baca di Sini

Sedang Cari Cara Mengusir Tikus di Rumah? Baca di Sini

MOMSMONEY.ID - Mengusir tikus memang perkara yang merepotkan sebagian pemilik rumah. Pasalnya, keberadaan hewan yang satu ini sangat merugikan manusia.

Selain menggigiti makanan sisa, tikus juga bisa merusak furnitur dan kabel rumah. Belum lagi potensi penyakit yang dibawa lewat kotoran tikus yang bertebaran di rumah.

Tidak mau kan rumah terkesan kotor dan tidak terawat karena tikus? Jika Anda sedang mencari cara untuk mengusir tikus di rumah, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Promo WIB Tokopedia Hari Ini 26 Juli 2021, Elektronik Rumah Diskon Hingga 90%!

Dilansir dari countryliving.com dan smithspestmanagement.com, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah.

Periksa rumah dengan menyeluruh

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa rumah untuk melihat apakah ada celah-celah tertentu yang bisa dimanfaatkan tikus untuk masuk ke rumah. Asal tahu saja, tikus bisa masuk ke rumah lewat celah terkecil sekalipun.

Anda bisa memerika celah atau retakan di pintu, dinding, ventilasi, pipa pembuangan, atau furnitur. Periksa bagian dalam dan luar rumah dengan saksama supaya tidak ada celah yang terlewat.

Tutup celah masuk

Setelah memeriksa celah-celah di rumah, langkah selanjutnya adalah menutup semua celah tersebut.

Tutup semua celah di bagian luar dan dalam rumah. Anda bisa menggunakan kawat, pelat besi, atau semen untuk menutup celah-celah tersebut.

Bersihkan rumah

Tikus senang mencari tempat perlindungan dan tempat bersembunyi, jadi langkah selanjutnya adalah membersihkan rumah untuk meminimalisir lokasi persembunyian tikus.

Rapikan barang-barang yang berserakan di rumah dan pastikan tidak ada tempat yang bisa dijadikan persembunyian tikus.

Selain itu, pastikan sampah-sampah yang ada di rumah berada dalam keadaan tertutup, terutama sampah makanan yang bisa mengundang tikus. Bersihkan juga bekas makanan yang berceceran di rumah.

Baca Juga: Mengenal KonMari, Metode Merapikan Rumah Ala Marie Kondo

Gunakan jebakan tikus

Menggunakan jebakan adalah cara klasik untuk mengusir tikus. Sederhana saja, Anda tinggal memasang jebakan berukuran sedang untuk memerangkap tikus. Jangan gunakan jebakan yang terlalu kecil.

Pasang umpan makanan di dalam jebakan. Setelah tikus-tikus tersebut terjebak di dalam, lepaskan dengan aman di tempat yang jauh dari rumah Anda.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bisakah menggunakan lem tikus sebagai pengganti jebakan?

Dilansir dari The Spruce, penggunaan lem tikus sebagai pengganti jebakan sebaiknya tidak dilakukan. Lem tikus bukan cara yang efektif untuk menjebak tikus karena mereka masih bisa meloloskan diri.

Selain itu, cara tersebut dianggap tidak etis karena membiarkan tikus mati kelaparan, yang akhirnya akan merepotkan manusia yang membuangnya.

Baca Juga: Mesin Cuci Top Loading vs Front Loading, Pilih Mana? Berikut Perbandingannya

Gunakan bahan alami

Jika Anda tidak ingin menggunakan racun tikus untuk mengusir tikus karena alasan keamanan seperti anak-anak dan binatang peliharaan, ada cara alami yang bisa dicoba.

Secara umum, tikus tidak menyukai bau yang pedas dan menyengat. Oleh karena itu, beberapa bahan alami di bawah ini bisa dicoba:

  • Minyak peppermint
  • Bubuk cabe
  • Merica
  • Cengkeh

Bahan-bahan di atas bisa mengiritasi hidung dan jalur pernapasan tikus, sehingga mereka akan menghindari bahan tersebut.

Cara menggunakannya mudah, tinggal sebarkan saja bahan tersebut di sekeliling rumah dan celah-celah tertentu untuk mencegah tikus memasuki rumah.

Nah, itu tadi langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah. Bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba!

Selanjutnya: Perasaan dan Kesehatan Anjing Dilihat dari Posisi dan Kebiasaan Tidurnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News