Sedang Butuh Jurnal Ilmiah? Yuk, Akses Website Gratis Berikut Ini

Reporter: Christ Penthatesia
Rabu, 24 November 2021 | 07:25 WIB
Sedang Butuh Jurnal Ilmiah? Yuk, Akses Website Gratis Berikut Ini

ILUSTRASI. Website berikut ini bisa digunakan untuk mencari karya ilmiah maupun jurnal ilmiah bagi pelajar dan mahasiswa./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/07/2021.

MOMSMONEY.ID - Jurnal merupakan salah satu sumber penulisan yang biasa digunakan sebagai latar belakang sebuah studi pada skripsi atau penelitian. Tak heran, bila banyak mahasiswa membutuhkan jurnal sebagai referensi penyusunan skripsi.

Persoalannya memang tak banyak website yang menyediakan jurnal untuk diakses secara gratis. Tapi jangan khawatir, beberapa website berikut ini memberikan layanan jurnal yang dapat diakses secara cuma-cuma.

Baca Juga: Bingung Mau Bikin Mind Map, Gunakan Website Gratis Ini Aja

Google Scholar

Google ternyata memiliki layanan yang memudahkan siapa pun penggunanya untuk mengakses materi-materi pelajaran, termasuk jurnal ilmiah.

Banyak pilihan format publikasi yang disediakan oleh Google Scholar, yang tentunya bisa diakses secara gratis oleh siapa pun termasuk mahasiswa yang membutuhkan jurnal untuk keperluan skripsi.

DOAJ

Directory of Open Access Journals atau disingkat DOAJ, merupakan website yang mengumpulkan atau mengkurasi banyak pilihan jurnal yang telah direview.

Seluruh layanan di DOAJ merupakan layanan gratis yang bisa diakses oleh siapa pun yang membutuhkan artikel jurnal yang bisa dicari berdasarkan subjek keyword.

Baca Juga: Viral di TikTok, Yuk Baca Deretan Buku Fiksi BookTok Ini

PubMed

PubMed adalah salah satu website yang kerap digunakan banyak peneliti di bidang kedokteran dalam mencari jurnal referensi.

Selain jurnal website ini juga menyediakan literature medis, jurnal ilmiah, dan juga buku online yang bisa diakses secara gratis.

Z Library

Website Z Library ini merupakan website yang menyediakan banyak pilihan artikel ilmiah maupun jurnal ilmiah.

Tak hanya jurnal dan artikel, website ini bahkan juga menyediakan banyak e-book yang bisa didownload secara gratis hanya dengan membuat akun pada website ini secara gratis juga.

 

Selanjutnya: Saham Mitratel (MTEL) turun dari harga IPO, ini penjelasan para analis

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru