HOME, Santai

Sedang Alami Trust Issue? Cari Tahu 5 Tandanya Berikut Ini Yuk!

Sedang Alami Trust Issue? Cari Tahu 5 Tandanya Berikut Ini Yuk!

MOMSMONEY.ID - Permasalahan psikologis seringkali disebabkan oleh trauma dari pengalaman pribadi. Trust issue atau krisis kepercayaan adalah salah satu permasalahan psikologis yang juga disebabkan karena trauma.

Trust issue bisa terjadi dalam sebuah hubungan personal antara dua orang maupun lebih. Kebanyakan trust issue atau krisis kepercayaan juga terjadi dalam hubungan dengan pasangan, sahabat, dan bahkan keluarga.

Baca Juga: Ada 4 Tanda Seseorang Sedang Mengalami Insecurity, Berikut Ini Penjelasannya!

Untuk lebih memahami tentang trust issue atau krisis kepercayaan, berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa dijadikan indikator seseorang memiliki krisis kepercayaan atau trust issue.

Menutup diri

Ketakutan untuk ditinggalkan atau tidak disukai merupakan tanda dari orang-orang yang mengalami trust issue. Kecenderungan untuk menutup diri dan merahasiakan pemikirannya bisa menjadi sebuah tanda seseorang yang sedang mengalami trust issue.

Menjauhi orang lain

Melansir dari laman Bustle, orang-orang yang memiliki trust issue memiliki kesulitan untuk menjalin kedekatan dengan orang lain walaupun menyukai waktu kebersamaannya. Sehingga kecenderungan untuk mendorong jauh dan menjauhi orang terdekatnya bisa saja terjadi. Hal tersebut dikarenakan adanya ketakutan untuk dilukai karena trauma dan pengalaman di masa lalunya.

Baca Juga: Coba Kirim 4 Pesan Ini Yuk, Agar Bisa Balikan dengan Mantan!

Merasa overprotective

Overprotektif juga merupakan salah satu tanda seseorang yang sedang mengalami trust issue. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya ketakutan yang dirasakan dan dipikirkan sendiri. Akhirnya hal tersebut membuat orang-orang dengan trust issue cenderung menjadi lebih overprotektif dengan dirinya untuk melindungi dirinya sendiri dan orang yang mereka percaya.

Menjauhi komitmen

Laman Mind Body Green menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki krisis kepercayaan atau trust issue memiliki kesulitan dalam hal komitmen. Orang-orang yang mengalami trust issue akan terus mempertanyakan banyak hal yang tidak pasti dan cenderung berusaha untuk menjauhi komitmen pada akhirnya.

Overthinking

Orang-orang dengan trust issue selalu memikirkan hal-hal negatif yang belum tentu terjadi. Seperti dikhianati, perselingkuhan, atau pun ditinggalkan. Skenario-skenario terburuk yang ada di pikiran orang-orang dengan trust issue bisa menjadi tanda adanya krisis kepercayaan pada pasangan, sahabat, maupun orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News