Keluarga

Secara Mengejutkan, Ternyata Ada 6 Sayuran yang Bikin Berat Badan Mudah Naik

Secara Mengejutkan, Ternyata Ada 6 Sayuran yang Bikin Berat Badan Mudah Naik

MOMSMONEY.ID - Tak selamanya sayuran itu menyehatkan. Ada juga beberapa jenis sayuran yang dapat dengan mudahnya bikin berat badan naik. Untuk tahu apa saja jenis sayuran tersebut, mari simak artikel berikut yang dilansir dari Eat This Not That, Reader’s Digest, dan Doctor NDTV, ini dia!

Terong goreng

Terong goreng tepung adalah pilihan utama bagi orang-orang yang benci sayur. Meskipun begitu, jenis sayuran ini bikin berat badan mudah naik.

Sebenarnya terong adalah makanan kaya nutrisi yang relatif rendah kalori. Namun apabila dikombinasikan dengan telur, tepung, dan air, kemudian dicelupkan ke dalam minyak untuk digoreng, maka kualitas gizi dalam terong jadi rusak.

Baca Juga: 7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat, Dijamin Hemat dan Sehat!

Jagung

Jagung

Jagung yang punya rasa manis ternyata tergolong jenis sayuran yang bikin berat badan naik. Kyrin Dunston, seorang penulis buku kesehatan dalam Reader’s Digest mengatakan bahwa jagung mengandung gula yang dapat menaikkan berat badan.

“Gula membuat hormon, termasuk insulin dan kortisol, jadi tak stabil. Ini diartikan oleh tubuh sebagai sinyal untuk menyimpan kalori sebagai lemak,” ucap Dr Dunston.

Baca Juga: Cegah Keborosan, 6 Makanan ini Ternyata Bisa Dibekukan Supaya Awet Tahan Lama

Bit

Daun buah bit

Bit merupakan sayuran rendah lemak & kolesterol. Namun kandungan kalori bit cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan, mampu membuat berat badan naik.

Terlebih karena bit sering diolah menjadi hidangan keripik, maka kandungan kalorinya semakin tinggi lagi. Belum lagi kandungan garam hingga lemak yang ada dalam keripik bit membuat makanan ini jadi makin tidak menyehatkan.

Mentimun

Mentimun

Baca Juga: Bisa Jadi Racun untuk Tubuh, Inilah 5 Tips Hindari Sayur Bayam Menghitam

Mentimun bukanlah tipe sayuran yang tak menyehatkan. Hanya saja mentimun punya kandungan gizi (seperti serat dan kalori) yang sangat rendah. Ini membuat Anda jadi mudah lapar setelah mengonsumsi mentimun.

Alhasil, anda berpotensi lebih banyak makan camilan yang tak sehat karena sayuran ini tak membuat perut kenyang.

Olahan wortel

Makanan olahan wortel, seperti carrot cake misalnya, merupakan makanan yang bikin berat badan naik. Meski terbuat dari wortel, namun kue ini punya kandungan gula dan kalori yang super tinggi.

Kandungan wortel yang terbuat dari vitamin C, zat besi, hingga antioksidan lenyap begitu saja ketika kue dimasukkan ke dalam oven.

Baca Juga: Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

Kentang

Kentang tergolong sayuran yang bikin berat badan naik. Ini karena kentang merupakan sumber karbohidrat yang mengandung pati.

Seperti yang kita ketahui, tubuh mengubah karbohidrat yang tak terbakar menjadi lemak berlebih. Mengonsumsi kentang secara berlebihan tanpa diet seimbang hanya akan membuat berat badanmu naik.

Jadi cara termudah tetap aman mengonsumsi kentang yakni dengan dikukus atau direbus. Hindari olahan kentang seperti kentang goreng hingga keripik kentang yang mengandung lemak dan garam berlebih.

Itulah sederet jenis sayuran yang bikin berat badan jadi mudah naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News