Keluarga

Sebelum Mudik, Berikut 6 Cara Cepat Membersihkan Dapur

Sebelum Mudik, Berikut 6 Cara Cepat Membersihkan Dapur

MOMSMONEY.ID - Dapur adalah ruangan yang paling sering kotor dan terlalu banyak daftar benda atau area yang harus dibersihkan. Tapi, tenang saja, ada 6 cara membersihkan dapur dengan cepat. 

Dapur harus selalu dibersihkan dengan benar untuk menjaga makanan tetap higenis. Menariknya, ada cara cepat untuk membersihkan dapur dengan hasil yang memuaskan.

Sehingga, Anda tak membutuhkan banyak waktu dan tenaga ekstra untuk dapur yang lebih kinclong sebelum ditinggal mudik. 

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Dapur Tetap Bersih, Pakai Sistem Satu Menit

Cara cepat membersihkan dapur

1. Mulai dengan membuat pembersih oven

Membersihkan oven seringkali membutuhkan waktu yang banyak, namun ini perlu dilakukan untuk mendapatkan rasa makanan yang paling baik dan mencegah kebakaran. Sehingga, cara cepat membersihkan dapur yang pertama adalah membersihkan oven. 

Caranya, membuat pasta pembersih yang bisa didiamkan dan menghilangkan noda saat Anda membersihkan area dapur lainnya. Anda bisa mencampurkan air dengan soda kue hingga mengental dan oleskan pada bagian dalam oven.

Kemudian, diamkan setidaknya 30 menit. Anda juga bisa menambahkan cuka putih ke campuran ini. 

2. Bersihkan kulkas Anda

Cara cepat membersihkan dapur selanjutnya adalah fokus membersihkan lemari es. Langkah pertama, buang makanan yang sudah kadaluarsa. Lalu, pindahkan makanan yang masih bagus ke salah satu sisi kulkas.

Selanjutnya, lap rak dan pintu kulkas dengan kain microfiber yang lembap. Setelah itu, tata kembali bahan makanan ke tempat semula. 

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Kedaluwarsa Tepung? Simak Tips Menyimpan Tepung Berikut

3. Buatkan microwave bersinar dengan lemon

Cara cepat membersihkan dapur selanjutnya adalah membersihkan microwave dengan lemon. Anda bisa menggunakan sari lemon untuk menghilangkan lemak.

Caranya, masak air dengan sari lemon selama 2,5 menit. Setelah itu, buka microwave dan sisa makanan serta lemak akan lebih mudah dibersihkan. 

4. Jaga penyimpanan tetap terorganisir

Cara membersihkan dapur dengan cepat selanjutnya adalah disiplin pada penyimpanan yang terorganisir. Artinya, setiap kali Anda memasak Anda harus mengembalikan barang atau bumbu yang sudah Anda gunakan ke tempat semestinya.

Hal tersebut akan mengurangi waktu Anda untuk membersihkan dapur. 

Baca Juga: Ini yang Terjadi jika Anda Menyimpan Piring yang Masih Basah

5. Bersihkan setiap kali Anda selesai masak

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, ini juga berlaku untuk membersihkan dapur. Setiap kali selesai memasak, bersihkan area tempat memasak dan cuci peralatan yang baru saja Anda gunakan.

Cara ini juga akan mengurangi tugas Anda saat harus membersihkan dapur secara menyeluruh. 

6. Utamakan selalu mencuci peralatan bekas memasak atau makan

Saat akan mudik, Anda harus membersihkan dapur secara menyeluruh. Cara ini berguna supaya saat Anda kembali, Anda tak mencium bau busuk atau bahan makanan yang rusak karena kehadiran hama yang datang ke dapur.

Nah, untuk mengurangi tugas Anda saat membersihkan dapur, selalu segera cuci peralatan masak setelah selesai digunakan. Siapkan campuran air hangat dengan sabun cuci piring untuk merendam panci yang kotor. 

Demikian 6 cara membersihkan dapur dengan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News