HOME, Bugar

Sebelum Mengonsumsinya, Kenali Risiko Kopi Hijau untuk Kesehatan

Sebelum Mengonsumsinya, Kenali Risiko Kopi Hijau untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kopi hijau adalah biji kopi yang belum dimasak atau biji kopi yang masih mentah sehingga memiliki kadar asam klorogenik yang lebih tinggi daripada kopi yang digiling.

Asam klorogenik sendiri merupakan zat yang diklaim dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan, serta mencegah sejumlah penyakit.

Di balik rasanya yang nikmat, ternyata ada beberapa risiko kopi hijau yang perlu Anda waspadai. Padahal, jenis kopi ini diklaim dapat menurunkan berat badan dan mencegah penyakit tertentu. 

Namun sayangnya, penelitian yang dilakukan sejauh ini masih dalam skala kecil, sehingga belum bisa memastikan efekvititas kopi hijau dan keamanannya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Moms, Jauhi Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Program Hamil

Bila Anda ingin mengonsumsi kopi hijau ini, pastikan Anda telah memahami bahaya kopi hijau berikut ini.

1. Berpotensi menyebabkan kelebihan kafein

Sama seperti kopi pada umumnya yang telah dipanggang, kopi hijau secara alami mengandung kafein. Satu cangkir kopi mengandung sekitar 100 mg kafein, tergantung pada varietas dan metode pembuatannya.

Karena sejumlah kecil kafein dapat hilang selama proses pemanggangan, kopi hijau mungkin mengandung kafein lebih banyak daripada kopi hitam. Konsumsi green coffee yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala negatif seperti gangguan kecemasan, sulit tidur, dan peningkatan tekanan darah. 

2. Dapat berefek buruk pada kesehatan tulang

Sebuah studi yang dilakukan pada hewan menemukan fakta bahwa ekstrak kopi hijau yang dikonsumsi setiap hari selama 2 bulan dapat mengakibatkan penipisan kalsium yang signifikan.

Hal tersebut menunjukkan konsumsi kopi hijau secara jangka panjang  dapat membahayakan kesehatan tulang. Meskipun begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efeknya pada manusia.

3. Tidak cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui

Kopi hijau tidak disarankan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Hal ini dikarenakan belum adanya studi dan penelitian yang memadai untuk menentukan aman tidaknya kopi hijau untuk dikonsumsi oleh kategori tersebut.

Baca Juga: Obat Alami yang Ampuh Meredakan Migrain

Bila Anda ingin mengonsumsi kopi hijau untuk diet, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika Anda menderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Penggunaan suplemen kopi hijau pada anak-anak dan wanita hamil juga sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter. 

Selanjutnya: Waspada! Mengonsumsi Mentega Berlebihan Berisiko Buruk untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News