CLOSE [X]
ads

Sebelum Mengatasinya, Ketahui Dulu 5 Jenis Jerawat Ini

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 24 Juni 2022 | 10:16 WIB
Sebelum Mengatasinya, Ketahui Dulu 5 Jenis Jerawat Ini

ILUSTRASI. Sebelum Mengatasinya, Ketahui Dulu 5 Jenis Jerawat Ini


MOMSMONEY.ID - Jerawat adalah gangguan kulit yang terbentuk ketika folikel di bawah kulit tersumbat. Jerawat biasanya muncul pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu.  

Siapa saja bisa terkena jerawat, tetapi biasanya terjadi pada remaja dan dewasa muda. Terkena jerawat bukan kondisi yang serius, tetapi dapat menyebabkan bekas luka.

Perubahan hormon, saat remaja atau proses kehamilan juga kerap minumbulkan munculnya jerawat, dikutip dari Healthline.

Meski berbagai cara telah dilakukan, jerawat tetap saja susah untuk dihilangkan. Jenis jerawat sangat beragam dan cara mengatasinya juga akan berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Delima Merah untuk Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat

Sebelum mengatasi, sebaiknya Anda mengerti dahulu jenis-jenis jerawat. Dirangkum dari Women's Health, berikut ini adalah lima jenis jerawat yang harus Anda ketahui, antara lain: 

Nodul

Jenis jerawat yang harus Anda ketahui pertama bernama nodul. Bagi anda yang memiliki jerawat nodul mungkin perlu berhati-hati.

Pasalnya, jenis jerawat yang mengalami peradangan ini termasuk kategori kondisi yang serius. Pada dasarnya, penyebab jerawat yang satu ini sama seperti jerawat lainnya.  

Usahakan untuk tidak memencet jerawat ini karena akan meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang nantinya. 

Komedo putih (whiteheads)

Jenis jerawat yang harus Anda ketahui kedua adalah komedo putih. Komedo merupakan jenis jerawat dasar.

Jika pori-pori menutup dan Anda melihat benjolan kecil yang berwarna putih atau berwarna daging, ini adalah komedo putih atau whiteheads. 

Salah satu penyebabnya adalah perubahan hormon. Pada masa-masa tertentu, yakni masa pubertas dan haid, jumlah sebum atau minyak diproduksi pori-pori anda meningkat.  

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER